[SHARE] Pengalaman Transfer Antar Bank Dana Tidak Masuk di Rekening Tujuan

Sobat ardnesia kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya saat transaksi antar bank dan kebetulan transaksi antar bank itu sedang error. Saldo di rekening saya berkurang tetapi tidak ada dana masuk di rekening tujuan.

Kejadian ini bermula pada tanggal Senin, 18 Juli 2016 ketika saya membutuhkan dana untuk pembelian tiket pesawat. Waktu itu kebetulan ketika ingin membeli tiket pesawat saldo di Bank BCA saya kurang Rp 300.000 sehingga saya akhirnya memutuskan untuk memindahkan saldo saya yang ada di bank Mandiri ke bank BCA. Pukul 15.00 WITA saya transfer sebesar Rp 300.000 dari rekening Mandiri ke rekening BCA saya sendiri. Saldo di rekening Mandiri saya berkurang, tetapi saldo di rekening BCA saya tidak bertambah dan keterangan transfer sukses. Awalnya saya berpikir bahwa itu hanyalah error biasa, tetapi karena saya sangat membutuhkan uang itu terkait batas transfer untuk pembayaran tiket, akhirnya saya meminta tolong teman saya yang berada di luar kota untuk meminjamkan uang sejumlah Rp 300.000 untuk di transfer ke rekening saya. Teman saya menggunakan rekening BNI dan menyatakan bahwa internet bankingnya error, di situ saya berpikir bahwa dana saya yang sebelumnya tidak masuk mungkin nyangkut dan delay seperti biasa dikarenakan server sedang error. Setelah itu saya menanyakan teman saya apakah dia memiliki rekening BCA dan syukur ada untuk sesama bank saat itu tidak error, dan setelah dia konfirmasi transfer dana langsung masuk ke rekening saya.

Setelah 1 x 24 jam menunggu, uang yang kemarin saya transfer dari rekening Mandiri dengan status sukses ke rekening BCA saya belum juga masuk. Akhirnya saya memutuskan untuk menelpon call service Mandiri di 14000 untuk menanyakan status transaksi tersebut. Setelah saya telepon pihak CS Mandiri saya mendapatkan jawaban bahwa dari kemarin transaksi saya sukses, tetapi karena laporan saya bahwa uang belum masuk ke rekening BCA saya, pihak CS Mandiri mengatakan akan melakukan cek ulang terhadap transaksi tersebut dan menyuruh saya menunggu 1x24 jam lagi. Jika dana belum juga masuk saya disuruh menyiapkan buku rekening, kartu atm, dan KTP yang nantinya di bawa ke Bank Mandiri terdekat untuk diurus.

Akhirnya saya memutuskan untuk mencari tahu di internet, apakah banyak orang yang mengalami hal serupa. Ternyata banyak sekali bahkan ada yang dananya tidak kembali dan hilang begitu saja. Dari pengalaman saya yang lalu lalu, jika sudah berhari hari pihak Bank akan menanganinya lebih lambat dan karena saya juga sedang di Luar Kota dan dalam perjalanan pulang saya tidak berpikir bahwa saya mampu segera mengurus masalah ini.

Setelah menunggu, saya cek lagi saldo di rekening saya pada hari Rabu 20 Juli 2016 dan akhirnya dana tersebut masuk ke rekening BCA saya tetapi dalam mutasi tanggal 18 Juli, tetapi setelah di cek kali ini saldo saya bertambah sesuai dengan nominal yang saya transfer waktu itu. Sepele sih sebenarnya dan nominalnya juga tidak besar, tetapi di saat urgent hal hal seperti ini sangat merepotkan saya. Tapi syukurlah pada akhirnya dananya masuk karena jujur saya malas sekali untuk urus hal hal seperti ini ke dua pihak Bank yang pastinya memakan waktu berhari hari.

Untuk kalian yang mengalami hal serupa, jangan langsung panik tenangkan diri kalian dulu karena jika panik biasanya keputusan yang diambil tidak akan baik. Kalian bisa mengikuti langkah langkah ini setelah kalian menenangkan diri :

1. Hubungi Call Service Bank Tersebut
Sebisa mungkin secepatnya kalian hubungi pihak Bank tersebut, karena semakin kalian menunda biasanya akan semakin lama mengurusnya apalagi jika nominal yang nyangkut itu besar, kan lumayan kita juga rugi waktu nantinya. Biasanya nanti kita disuruh menunggu 1x24jam, jika dana belum masuk lanjut ke step 2. Pengalaman pribadi saya sih paling lama 3 hari, tetapi ada baiknya kalian yang memiliki waktu yang mahal terutama yang bekerja, kalian mengurus secepat mungkin tidak perlu menunggu selama itu.

2. Siapkan Hal Hal yang Dibutuhkan
Biasanya pihak Bank akan meminta buku rekening, kartu ATM, dan KTP kalian pastikan kalian memenuhi persyaratannya supaya tidak bolak balik terutama jika ada persyaratan yang dibutuhkan tetapi tidak saya sebutkan di atas.

3. Datang ke Bank Tersebut
Kita datang ke Bank terkait untuk cetak buku tabungan di sana nanti akan terlihat error di mana. Hal yang membuat malas, biasanya kita akan mengurus hal ini ke dua Bank yang ditransfer dan biasanya melibatkan 2 orang yaitu si pengirim dan si penerima dana. Pada kasus saya yang sekarang kebetulan saya transfer ke rekening sendiri jadi tidak melibatkan orang lain. Tetapi pada kasus kasus sebelumnya, saya sangat bersyukur memiliki buyer buyer yang sangat ramah dan mau membantu perihal ini hingga kasus selesai, jadi pastikan kalian menjaga kontak dengan orang terkait ya untuk mempermudah kalian mengurus kasus ini.

Dari semua kasus yang pernah saya alami, saya bersyukur semua dananya bisa diurus dengan baik, Jika baca baca pengalaman orang lain, ada yang dananya tidak kembali, entah karena proses lama dan ribet sehingga mereka malas mengurusnya atau entah memang dananya hilang ke mana. Jika kalian punya masalah serupa kalian bisa diskusikan di kolom komentar siapa tahu beberapa dari kita bisa membantu kalian.

Sekian artikel dari saya mudah mudahan bermanfaat untuk kita semua, untuk kalian yang membutuhkan bantuan untuk konsultasi, mau request, atau punya pertanyaan  kalian bisa add official account line ardnesia ya di @ardnesia ada @nya ketika kalian search ya. Untuk kalian yang lebih suka tutorial dalam bentuk video kalian bisa subscribe channel ardnesia di youtube.

Sekian dan Terima Kasih,
@anggaardana
^^

0 Response to "[SHARE] Pengalaman Transfer Antar Bank Dana Tidak Masuk di Rekening Tujuan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel