[TIPS] Cara Mengembalikan Akun yang di Hack dan Menghindari Hack itu Sendiri

Beberapa waktu lalu sobat ardnesia mungkin sudah melihat beberapa artikel saya tentang mengembalikan akun akun yang di hack, pada artikel ini saya ingin memberi tahu cara agar kita bisa mengurangi chance untuk terkena hack dan langkah apa yang harus dilakukan jika kita terkena hack. Yuk kita bahas selengkapnya di bawah.

Hack hack an ini memang sangat menyebalkan apalagi terkait info info dan akun akun pribadi kita. Buat kalian yang pernah ngalami ini atau pernah punya teman yang ngalamin ini, yuk jangan takut dulu, pahami dan pelajari agar tidak terkena hal ini lagi dan di sini kita juga akan bahas bagaimana cara mengembalikan akun kita kembali.

Mengapa Kita Bisa Kena Hack dan Bagaimana Mengantisipasinya?

Sebenarnya ada banyak alasan mengapa kita bisa terkena hack, ada beberapa tips yang sering saya temui sehingga korban terkena hack, diantaranya sebagai berikut :
_________________________________________________________________________________

1. Password Terlalu Mudah
Untuk mengetahui password seseorang tidaklah sulit, sebenarnya cukup mengetahui tentang dia sedikit beberapa orang bisa langsung tahu password orang lain. Jangan menggunakan hal hal yang mudah diketahui sebagai password seperti nama kita, tanggal lahir, tempat tinggal, dll. Gunakan variasi huruf, numlock, dan angka yang sulit untuk menyulitkan orang yang berniat buruk untuk mengetahui password kita.

2. Lupa Log Out
Log Out di beberapa device terutama yang bukan milik pribadi merupakan hal yang wajib. Seperti warnet dan HP teman, jika mereka iseng saat kita log out bisa saja mereka menyalahgunakan akun kita. Jangan lupa juga saat kita menjual device kita pastikan semua data history sudah dihapus dan sudah log out, atau lakukan saja factory reset untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Waspada juga terhadap keylogger yang mampu menyimpan data password kita, pastikan device yang kita gunakan aman sebelum melakukan log in.

3. Asal Klik Link Aktif
Pernah menemukan chat seperti ini "Hi Friend I found you at blablabla Check In blablabala(link aktif)." Hati hati terhadap chat yang memiliki link aktif pada beberapa kasus hack seperti yang pernah ramai di Steam hanya dengan mengklik link tersebut orang bisa meretas akun kita.

4. Physing
Sama seperti kasus nomor 3 yang nantinya kita akan di bawa ke sebuah web yang sama percis tampilannya seperti web yang biasa kita kunjungi, misalnya facebook, untuk memastikan apakan web itu physing atau bukan cek link nya apakah benar https://www.facebook.com/ atau bukan bisa saja link berubah menjadi blablabla.blogspot.com tapi tampilannya benar benar sama percis. Jika kalian melakukan log in di situs palsu ini maka kalian harus segera mengganti password kalian, karena password kalian yang lama sudah tersimpan di database mereka.

5. Menggunakan Password yang Sama di Semua Account
Password yang sama di semua account memang memudahkan kita mengingatnya, tetapi hal ini berdampak buruk terutama jika password email kalian sama dengan account account lain. Minimal password email kalian tidak boleh sama dengan account lain karena email kalian adalah nyawa kalian untuk mendapatkan kembali account account lain yang di hack. Jika kalian daftar di sebuah website abal abal bisa saja owner menyalahgunakan database kalian, jadi sebaiknya dibedakan saja minimal antara password email kalian dengan account lain.

6. Memberitahukan Password Kepada Orang Lain
Teman yang bisa dipercaya memang tidak akan menyalahgunakan acccount kita, tapi sifat dasar manusia adalah lalai. Bisa saja ketika mereka melakukan log in orang lain berniat jahat dan melihat password kalian. Sebaiknya jangan pernah share password account kalian terutama email kalian, apalagi ke pacar kalian, karena sekarang mungkin kalian saling mencintai tetapi tidak ada yang tahu untuk beberapa waktu ke depan jika hal hal tidak diinginkan akhirnya harus terjadi.

7. Tidak menyalakan Fitur Two Step Verification
Fitur ini biasanya ada pada email, memang membuat kita lebih ribet untuk log in di device baru harus verifikasi. Tetapi hal ini memproteksi kita terutama dari hacker abal abal yang berniat buruk pada kita, karena minimal dia harus memiliki barang yang kita jadikan alat untuk mengaktifkan Two Step Verification ini (biasanya HP kita) atau mencurinya. Untuk menyalakan fitur ini kalian bisa mencoba cara di sini Cara Menyalakan Fitur 2 Step Verification Pada Gmail Kita

8. Tidak Menyalakan Fitur Email Restore
Email Restore ini sendiri sangatlah penting, jika ada hal hal yang dicurigai maka email kita akan segera mengirim email aktifitas tersebut ke email yang kita daftarkan untuk restore, Hal ini sangat membantu kalian, jika memang ada hal hal yang tidak diinginkan maka kalian akan bisa dengan cepat melakukan antisipasi, seperti mengganti password email primary kalian.
_________________________________________________________________________________

Untuk mengembalikan Account yang di hack sebenarnya beberapa seperti gmail, instagram, dan path sudah pernah di bahas di blog ini. Tetapi secara garis besar inilah cara yang harus ditempuh.

Baca Juga :

Bagaimana Cara Mendapatkan Kembali Akun Kita ?

Untuk beberapa detail seperti instagram, path, dan gmail sudah dibuat dan tinggal klik link "Baca Juga" di atas untuk melihatnya. Sebenarnya tidak sulit untuk mendapatkan kembali akun kita tetapi ada beberapa peraturan khusus yang harus kita patuhi.

1. Segera Mengetahui Jika Kita di Hack
Biasanya jika ada aktifitas aneh maka akan ada email yang masuk ke email kita. Kita harus segera menyadari hal tersebut, karena beberapa kasus seperti gmail, membatasi waktu restore email kita untuk waktu pastinya saya belum mengetahui secara pasti, tetapi dalam 1x24jam email teman saya masih bisa diselamatkan. Semakin cepat kita menyadari ada yang aneh dengan akun kita, semakin mudah kita mengantisipasi atau merebut akun kita kembali.

2. Mampu Berbahasa Inggris
Umumnya pihak yang kita kontak nantinya tidak berada pada negara Indonesia ini, jadi mau tidak mau kita harus mampu menggunakan bahasa Internasional. Tidak perlu mahir atau master dalam grammar, yang penting bisa dimengerti saja sudah cukup.

3. Mengingat Semua Data Pribadi
Untuk mendapatkan akun kalian kembali tentu kalian harus MENGINGAT SEMUA data data pribadi kalian. Bahkan beberapa akun ada yang meminta kalian untuk berfoto selfie sambil menulis kode kode tertentu untuk mendapatkan akun kalian, bahkan ada yang sampai menanyakan device pertama yang digunakan untuk log in dan OSnya apa, untuk memastikan bahwa kalian yang melapor adalah pemilik asli akun tersebut.

4. Kesabaran
Sabar itu sangat dibutuhkan di sini, tiap Developer dan Customer Service berbeda beda ada yang fast response, ada yang slow response sampai 2x24 jam. Belum lagi ditambah waktu kita di Indonesia berbeda dengan waktu mereka sehingga mempengaruhi hari dan jam kerja mereka, terutama kita yang mengirim komplain pada hari Jumat, tahu tahu di sana sudah Sabtu yang merupakan hari libur di kebanyakan perusahaan Internasional.

Apa yang Harus DIlakukan Untuk Mendapatkan Kembali Akun Kita ?

1. Jangan Panik, Hubungi Customer Service Akun Tersebut
Jangan panik, panik merupakan sifat yang buruk menurut saya, membuat kita tidak bisa berpikir jernih sehingga membuat keputusan keputusan yang berdampak buruk. Tenangkan diri kalian, cari kontak dari Customer Service Akun tersebut, bila yang di hack adalah gmail, maka kontak pihak CS Gmail, Jika Path maka kontak pihak CS Path, dan lain sebagainya. Umumnya alamat email mereka ada pada website resmi mereka. Laporkan pada CS Akun itu bahwa kita terkena hack tulis saja semua keluhan anda dan jangan lupa kasih embel embel "I hope you can help and reply this message." Kurang paham juga sih ngaruh atau tidaknya, tapi selama ini saya selalu memakai template seperti itu.

2. Tunggu Email Balasan
Ini yang menyebabkan kalian harus sabar, umumnya sih tidak lama, ada jg yang menggunakan bot dalam me reply dan kita disuruh menunggu maksimal 2x24 jam seperti Path. Tetapi selama ini saya membantu untuk mengembalikan akun teman teman saya yang di hack prosesnya tidak sampai 1x24 Jam mereka sudah membalas email kita.

3. Penuhi Data yang Diminta
Umumnya setelah kita menerima email balasan, email balasan tersebut akan berisi tentang hal hal apa saja yang kita butuhkan untuk membuktikan bahwa kita benar pemilik akun tersebut. Setiap akun berbeda beda, makanya saya ingatkan di atas kita benar benar harus hafal dan tau betul data pribadi kita. Ada  yang meminta data log in, device pertama apa, OSnya apa, ada juga yang minta foto selfie dengan menuliskan kode kode tertentu, dan lain sebagainya.

Sekian artikel dari saya mudah mudahan bermanfaat untuk kita semua, untuk kalian yang membutuhkan bantuan untuk konsultasi, mau request, atau punya pertanyaan  kalian bisa add official account line ardnesia ya di @ardnesia ada @nya ketika kalian search ya. Untuk kalian yang lebih suka tutorial dalam bentuk video kalian bisa subscribe channel ardnesia di youtube.

Sekian dan Terima Kasih,
@anggaardana
^^

Source : 

0 Response to "[TIPS] Cara Mengembalikan Akun yang di Hack dan Menghindari Hack itu Sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel