[TIPS] Memperbaiki Layar Kuning Samsung yang Muncul Hanya di Beberapa Apps

Sobat ardnesia pernah ga mengalami tiba tiba tampilan layar menjadi kekuningan, dan tampilan kekuningan ini tidak muncul di semua tampilan, melainkan hanya di apps apps atau seting tertentu saja. Jika sobat ardnesia pernah mengalaminya yuk kita cek tips tips di bawah untuk memperbaikinya.

Entah apa ini namanya, tetapi kasus ini berbeda dengan kasus Yellow Tint yang pernah saya bahas di artikel [FIX] Yellow Tint, Cara Memperbaiki Penyakit Layar Kuning Android Kalian. Secara umum yellow tint merupakan gejala error pada layar yang membuat tampilan layar kita terlihat lebih kekuningan dibandingkan layar lain pada device sejenis, pada kasus ini bukan hardware yang error melainkan ada crash di bagian software.
Layar Kekuningan
Berawal dari seseorang yang tidak saya kenal yang add official account Line Ardnesia di @ardnesia dan menceritakan keluhannya. Dia menceritakan bahwa layarnya berubah menjadi kuning hanya saat tampilan pada menu notification bar dan hanya saat membuka beberapa menu di setting seperti pada gambar Layar Kekuningan di atas, dan sisanya normal seperti pada gambar Layar Normal di bawah. Di sini kita akan bahas bagaimana memperbaiki untuk hal error tersebut dan bagaimana cara mengetahui apakah yang error itu adalah software atau hardware.
Layar Normal
Bagaimana Cara Mengetahui yang Error itu Software atau Hardware ?

Baca Juga : 

Untuk kasus di atas, cara yang saya lakukan adalah meminta screen shot dari layar yang dianggap kuning.

1. Screenshot
Screenshot bagian layar yang kalian anggap ada perubahan kekuningan atau tidak. Lakukan juga screenshot pada bagian layar yang tampilannya normal. Akan terlihat perbedaan seperti gambar Layar Kekuningan di bawah.
Layar Kekuningan

2. Kirim File
Kirim file tersebut ke HP teman kalian atau siapapun yang mudah kalian hubungi untuk di cek.

3. Cek Gambar
Setelah file diterima silahkan kalian cek gambar yang ada pada device teman kalian.
Jika gambar memiliki warna yang sama kemungkinan hardware kalian yang error.
Jika gambar memiliki warna yang berbeda alias salah satu kekuningan kemungkinan software kalian yang error.
Biasanya sih tidak sampai hardware, hanya sampai software yang crash terhadap apps apps tertentu saja.

Bagaimana Cara Memperbaiki Layar Kuning Tersebut ?

Untuk masalah software, pada kasus ini saya melihat ada yang janggal pada tampilan notification nya. Jadi saya suruh dia untuk menguninstal apps apps yang ada pada notification bar nya.

1. Identifikasi Page atau Bagian Screen
Kalian cari tahu di mana layar kalian tiba tiba menjadi kuning. Pada kasus saya adalah ketika dia menarik layar notifikasi, dan di beberapa menu setting.

2. Identifikasi Applikasi Kalian
Ingat ingat kembali sebelum kalian mengalami error tersebut, terakhir kali kalian menginstal applikasi apa? Atau terakhir kali kalian merubah settingan apa?

3. Eksekusi
Jika kalian ingat applikasi yang terakhir kalian instal, silahkan di uninstal. Jika kalian ingat terakhir kali kalian merubah suatu settingan silahkan kalian kembalikan settingan tersebut. Pada kasus saya ini si user  lupa sama sekali dia pernah apa, jadi saya hanya melihat kejanggalan pada notification nya, di sana dia instal apps seperti Facebook, UC Browser, dan CM (Clean Master), CM Locker. Saya suruh dia untuk uninstal apps apps tersebut dan DONE ! Layarnya kembali seperti semula. Mungkin apps apps ini ada yang error sehingga terjadi crash dengan software dan bloatware display bawaan samsung. Jika kalian tetap membutuhkan applikas applikasi tersebut instal kembali satu persatu dan cek setelah satu applikasi terinstal, apakah ada error, terus ulangi cara itu sampai kalian menemukan apps apa yang menyebabkan error.

Optional

Untuk kasus kali ini, masalah selesai sampai tahap 3 jika kalian masih mengalami hal yang sama setelah mencoba cara di atas, saya sarankan kalian backup data kalian dan melakukan Factory Reset. Jika hal ini masih terjadi kemungkinan hardware kalian yang mengalami error, silahkan dibawa ke Service Center terdekat. Jika dengan cara ini selesai, maka ada apps yang error seperti yang sudah dijelaskan pada tahap 3. Silahkan ikuti instruksi di tahap 3 untuk mengetahui applikasi apa yang membuat error.

Sekian artikel dari saya mudah mudahan bermanfaat untuk kita semua, untuk kalian yang membutuhkan bantuan untuk konsultasi, mau request, atau punya pertanyaan  kalian bisa add official account line ardnesia ya di @ardnesia ada @nya ketika kalian search ya. Untuk kalian yang lebih suka tutorial dalam bentuk video kalian bisa subscribe channel ardnesia di youtube.

Sekian dan Terima Kasih,
@anggaardana
^^


0 Response to "[TIPS] Memperbaiki Layar Kuning Samsung yang Muncul Hanya di Beberapa Apps"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel