How To Fix CPU Over Voltage Error

Cara mengatasi dan mengecek cpu over voltage error

Belum lama ini saya mengalami masalah yang cukup mengganggu pada PC saya.

Spek PC saya:
Proc Xeon L5420 @2.5ghz (mod lga775)
Mobo ASUS P5G41T-MLX
Ram 2x 1gb
PSU Enermax NAXN 500w

Entah kenapa tiba-tiba saat saya merestart PC,lalu saat booting muncul notif CPU Over Voltage Error.
Saya ulangi restart terus menerus namun hasil tetap sama seperti itu.

Lalu saya cek dari bios, dan ternyata ada kejanggalan, yaitu :
Vcore Voltage = 1.6volt hingga 1.9volt
5v = 6.2volt

Parah bukan??
Dan saya mencoba berbagai cara untuk memperbaikinya.



  1. Melakukan reset BIOS, dengan melepas baterai CMOS lalu pasang lagi. (FAILED)
  2. Mengganti baterai CMOS baru. (FAILED)
  3. Reset BIOS dengan melakukan Jumper. (FAILED)
  4. Set default pengaturan BIOS. (FAILED)
  5. Mengganti proc xeon L5420, di ganti menggunakan proc E5700. (FAILED)
  6. Mengganti HSF. (FAILED)
  7. Update latest BIOS. (FAILED)
  8. Memanggil teknisi ke rumah :D ( Di sini saya akan berbagi ilmu yg saya pelajari dari Pak Teknisi nya )

Hasil gambar untuk multimeter analog

Cara mengetahui letak kerusakannya :
  1. Saat muncul notif Cpu Over Voltage Error. Matikan PC, cabut kabel power psu, lalu tekan tombol power CPU selama 10 detik.
  2. Pasang dan nyalakan kembali PC.
  3. Buka casing CPU.
  4. Ambil salah satu kabel molex PSU untuk pengecekan.
  5. Siapkan multimeter.
  6. Cek voltase pada kabel 5v (hitam & merah). Lalu diamkan selama 5 menit untuk melihat perubahan votasenya. [ PSU saya pada kabel 5v masih stabil ]
  7. Cek voltase kabel 12v (hitam dan kuning). diamkan 5 menit. [PSU saya juga stabil pada kabel 12v]
  8. Selesai.
  9. Bayar servisnya 100rb :D (maklum teknisi dateng ke rumah, jarak puluhan kilometer)

Keterangan & hasil :
  • Menekan tombol power saat PC off selama 10 detik berfungsi untuk reset BIOS.
  • CPU over voltage error biasa terjadi pada mobo asus.
  • Dari pengecekan di atas, berarti PSU saya tidak rusak.
  • Tegangan 5v berfungsi sebagai penyuplai daya untuk procesor dan ram.
  • Karena psu saya masih normal berarti mobo pun masih menyuplai processor saya dengan baik. namun mobo telah mengalami penurunan performa,yaitu sensor nya yang error. (karena keterangan volt pada BIOS berbeda dengan hasil dari Multimeter. Multimeter lebih terpercaya di bandingkan bios mobo)
  • Penurunan performa mobo terjadi karena arus listrik yang naik turun, yaitu pada PC yang tidak menggunakan Stabilizer atau pun UPS.
  • Tegangan 12v berfungsi sebagai penyuplai hardware berat,seperti hardisk dan lainnya.
  • PC masih boleh di gunakan seperti biasa, namun lebih baik segera di belikan Stabilizer atau UPS agar performa mobo tidak terus menurun.
  • Jadi Stabilizer atau UPS ini sangat penting guys.

Jadi seperti itulah cara pengecekan dan fix masalah Cpu Over Voltage Error yang saya dapat dari Pak Teknisi asal Jogjakarta.
Semoga dapat membantu teman-teman.


Related Posts:

0 Response to "How To Fix CPU Over Voltage Error"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel