7 Custom ROM Terbaik untuk Samsung Galaxy S3 GT I9300

Samsung Galaxy S3 GT-I9300 merupakan perangkat Samsung yang mungkin sudah bisa dibilang jadul karena sekarang Samsung seri S sudah mencapai generasi ke 8.

Namun banyak pengembang ROM Samsung Galaxy S3 yang membuat perangkat ini selalu terlihat lebih baru, baik itu dari fiturnya, versi Android-nya maupun yang lainnya.

So jika Anda ingin Samsung Galaxy S3 yang Anda miliki tetap terlihat baru, Anda dapat menginstall ROM yang akan saya bahas pada artikel kali ini.

Silahkan pilih salah saltu Custom ROM Galaxy S3 dibawah ini, ohh iya sebelum Anda menginstall custom ROM, pastikan Samsung Galaxy S3 Anda telah di root dan di pasang CWM/TWRP Recovery.

PERINGATAN:

Flashing custom ROM ke Samsung Galaxy S3 Anda adalah proses yang berisiko. Jika Anda tidak mengikuti petunjuk pemasangan dengan seksama, mungkin perangkat Anda (dalam kasus yang jarang terjadi) akan bermasalah pada bagian software dan ada beberapa fitur yang tidak berfungsi. Silakan risiko Anda sendiri. Smartphones10.com tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi pada perangkat Anda.

10 Custom ROM Terbaik Samsung Galaxy S3 GT I9300

1. efeXTREME Lite-ROM

Ini merupakan salah satu ROM yang paling banyak disukai sehingga menjadi yang pertama dalam daftar custom ROM terbaik untuk Samsung Galaxy S3. Hal itu tak luput dari beberapa fitur dan dapat membuat Galaxy S3 Anda menjadi lebih stabil performa-nya.

Download ROM

Sumber ROM

2. Omega ROM

Omega yaitu ROM ke-24 (2 + 4 = 6 ROM) dan huruf terakhir dari alfabet Yunani yang berarti "hebat". Ini memang ROM yang hebat. Pengembang telah mengoptimalkan beberapa aplikasi bawaan Samsung untuk tampil lebih cepat dan stabil.

Hal baik lainnya tentang ROM ini adalah beberapa penambahan fitur menarik seperti transparan AccuWeather widget, multi-window yang dapat diedit, efek tinta, dan wallpaper.

Sumber ROM

3. CyanogenMod 10 Nightly Builds GT-I9300 (Jelly Bean)

ROM CyanogenMod10 adalah salah satu pilihan terbaik untuk kamu yang ingin menikmati Android Jelly Bean yang disesuaikan sepenuhnya pada perangkat Galaxy S3 Anda.

Sumber ROM

4. Android Revolution HD
Android Revolution HD adalah custom ROM berbasis TouchWiz, yang menghilangkan beberapa aplikasi yang tidak diperlukan seperti bloats dan lag-delay dari TouchWiz UX dan menambahkan sejumlah modifikasi

Custom ROM menampilkan peningkatan kinerja CPU governors dan menonaktifkan debugging kernel untuk kinerja yang lebih baik, dan pengoptimalan RAM dan kecepatan performa prossesor. Selain itu masa pakai baterai juga lebih ringan sehingga hal ini dapat membuat baterai Android Anda awet.

Sumber ROM

5. ParanoidAndroid ROM 3+

ROM ParanoidAndroid adalah salah satu custom ROM yang paling populer untuk Galaxy S3 bahkan hampir untuk semua ponsel Android. Hal itu tak luput dari modifikasi tampilan, nuansa hibrida, kinerja yang mulus dan cepat serta daya tahan baterai yang sangat baik, semuanya menjadikannya alasan bagi mereka yang menyukai custom ROM ini.

Sumber ROM

6. UltimaROM

Kebnayakan pengembang ROM memodifikasi bagian kecepatan performa, pembersihan aplikasi yang tidak dipakai dan lain sebagainnya. Masih sedikit yang memodifikasi ROM yang lebih memilih untuk lebih inklusif.

UltimaROM adalah salah satu ROM yang dapat menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin mencoba fitur rom yang lebih inklusif dengan tampilan AOSP.

Ini adalah ROM yang penuh dengan kernel, aplikasi Samsung, launcher TouchWiz, launcher crDroid TouchWiz 4 x 5, launcher Motorola Atrix HD, launcher Xperia Z, Nova dan Apex serta masih banyak lagi yang lainnya.

Sumber ROM

7. FoxHound ROM Galaxy S3

ROM FoxHound bisa menjadi pilihan utama bagi Anda yang menyukai ROM berfitur lengkap dengan banyak opsi pengaturan untuk kustomisasi. ROM yang berukuran lebih dari 900MB ini membuat kami terkesan dengan kecepatan, kehalusan dan stabilitasnya.

Karena rom ini dipasang melalui installer Aroma, Anda dapat mengendalikan hal-hal seperti menghapus dan memasang aplikasi. Selain itu Anda juga dapat memilih pemulihan khusus seperti CWM, Siyah dan Chainfire.

Dan hebatnya lagi ROM yang satu ini dilengkapi dengan launcher yang bertema seperti Nova, Apex, Nexus 4, dan antarmuka pilihan untuk aplikasi yang ingin Anda instal.

Sumber ROM

Cara Menginstall Custom ROM di Galaxy S3

Download salah satu ROM dan Google Apps (jika ada) di atas dan ikuti instruksi di bawah ini dengan saksama. Tapi seperti yang kami katakan di atas, telepon Anda harus sudah di root dan terpasang CWM/TWRP Recovery.

1. Pastikan baterai Galaxy S3 Anda diatas 50%.

2. Salin atau pindahkan ROM yang ingin Anda install ke Kartu memori dan simpan diluar folder.

3. Setelah itu matikan Galaxy S3 Anda dan dalam keadaan mati tekan Volume Atas + Home + Power secara bersamaan. Pada saat Galaxy S3 menampilkan Logo Samsung lepaskan tombol power dan terus tekan tombol Volume Atas dan Home hingga masuk ke daftar opsi teks biru di latar belakang hitam dengan bot Android.

Note: Dalam Recovery mode sentuh tidak berfungsi, untuk itu Anda harus menggunakan tombol Volume atas dan bawah untuk navigasi sedangkan untuk konfirmasi Anda bisa gunakan tombol power. Namun jika Anda telah menginstal CWM Touch Recovery. Anda bisa mengoperasikannya dengan input sentuh.

4. Yang pertama dan terpenting yang harus Anda lakukan ialah backup firmware bawaan Galaxy S3 Anda. Pertama-tama pilih "backup and restore" dan pilih "backup". Mungkin perlu beberapa menit agar backup selesai.

5. Setelah selesai pilih back dan pilih opsi "wipe data/factory reset", lalu pilih yes wipe data/factory reset terus tunggu hingga selesai.

6. Selanjutnya kembali lagi ke menu awal dan pilih “wipe cache partition” lalu pilih yes wipe cache partition.

7. Lalu masuk ke opsi "mounts and storage" dan centang bagian format data, cache dan sistem.

8. Kembali ke menu utama dan pilih "install zip from sd card> choose zip from sd card" dan pilih file ROM yang Anda salin ke kartu memori Anda di Langkah no 2.

9. Saat ROM dipasang, kembali dan pasang paket zip Google Apps dengan cara yang sama seperti Anda menginstal ROM di Langkah 8.

10. Jika semuanya telah selesai kembali ke menu utama di CWM/TWRP Recovery dan pilih "reboot system now".

Baca Juga
Pada saat Boot pertama Galaxy S3 Anda membutuhkan beberapa menit, terkadang memakan waktu hingga 10 menit (maksimal), jadi bersabarlah. Jika telepon Anda tidak bisa boot dengan benar dan Anda terjebak di bootanimasi bahkan setelah 10 menit, tekan lama tombol daya.

Jika tidak bekerja untuk Anda, lepaskan penutup belakang, cabut baterai, tunggu sebentar, masukkan kembali baterai dan coba lagi. Jika Anda mau, Anda dapat kembali ke ROM sebelumnya kapan saja jika Anda telah membuat cadangan seperti yang diceritakan pada Langkah no 4.

Penulis artikel, designer template t-shirt dan website

Releted Post:

0 Response to "7 Custom ROM Terbaik untuk Samsung Galaxy S3 GT I9300"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel