Cara Backup Apps, Contacts, Logs, Messages dan Settings tanpa Root di Android

Ponsel tidak lagi sekedar gadget sederhana yang memungkinkan kita membuat / menerima panggilan dan mengirim pesan teks. Sekarang telah menjadi pendamping digital yang terbangun dan tidur bersama kita, menyimpan data-data penting dan digunakan sebagai photografer.

Setiap smartphone pastinga menyimpan data-data seperti no kontak, pesan, aplikasi dan permainan yang diunduh dari play store atau yang lainnya. Saat kita mendapatkan telepon baru, kita menghabiskan banyak waktu untuk mengonfigurasinya dengan preferensi kita dan butuh banyak waktu.

Mungkin untuk mereka yang smartphone barunya telah di root dan menginstall cwm/twrp recovery dapat dengan mudah membuat cadangan perangkat mereka menggunakan CWM/TWRP recovery, dan dengan demikian semua data termasuk aplikasi, pengaturan, kalender dan sebagainya dapat kembali seperti smartphone yang dulu.

Google Play Store penuh dengan aplikasi yang dapat membackup hampir semua yang ada di ponsel Anda, namun sebagian besar aplikasi ini hanya untuk pengguna root. Namun terdapat sebagian komunitas yang mencintai perangkatnya tanpa melakukan root atau modifikasi lainnya. Jadi, bagaimana mereka bisa membuat cadangan aplikasi, pesan, call-log, pengaturan telepon, entri kalender, kamus pengguna, bookmark, APN, dll.

Kebanyakan orang kehilangan data semacam itu tanpa disengaja dan situasinya mungkin berbeda. Jika Anda tidak pernah berencana untuk terjun ke aktivitas seperti mencadangkan karena alasan data dalam perangkat tidak penting, ingatlah bahwa hal-hal seperti itu tidak selalu berjalan seperti yang dipikirkan.

Misalkan Anda memasang aplikasi dari sebuah situs web dan saat Anda membukanya, telepon Anda bermasalah! Apa yang akan Anda lakukan jika telepon Anda tiba-tiba bootloop? Anda harus menghapus ponsel Anda untuk memperbaikinya dan dengan melakukan ini, Anda pasti akan kehilangan semua aplikasi, permainan, kontak, pesan, dll. Bukankah lebih baik jika Anda telah mencadangkan semua data yang tersimpan di ponsel Android Anda?

Jadi, inilah beberapa aplikasi terbaik yang dapat membackup semua aplikasi terinstal, log panggilan, pesan, kontak, dll sehingga Anda dapat mengembalikannya nanti jika Anda kehilangan data-data tersebut.

1. App Backup & Restore
Sama seperti namanya aplikasi App Backup & Restore ini dapat melakukan backup dan restore perangkat Android Anda tanpa root. Aplikasi ini dapat membackup semua aplikasi pihak ketiga yang terpasang pada perangkat Anda.

Tidak seperti aplikasi TitaniumBackup dan SuperBackup, aplikasi ini bekerja tanpa root. Namun karena tidak ada akses root maka tidak bisa membackup data app tersebut. Yang bisa Anda backup hanya file .apk ke kartu SD eksternal ponsel Anda.

Aplikasi ini juga dapat membackup aplikasi sistem namun sebelum itu Anda harus mengaktifkan fitur dari pengaturan aplikasi. Semua aplikasi yang dicadangkan disimpan secara default ke folder bernama "App_Backup_Restore" di penyimpanan eksternal.

Buka aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin dicadangkan dan ketuk tombol "Backup". Untuk mengembalikan aplikasitinggal pilih "Restore". Anda dapat melakukan backup secara manual, atau menjadwalkannya dari pengaturan aplikasi.

2. Backup Your Mobile
Aplikasi Backup Your Mobile merupakan aplikasi terbaru yang ada di Google Play Store yang dapat melakukan backup untuk berbagai jenis file. Ini adalah aplikasi all-in-one yang dapat membuat cadangan dan memulihkan kontak, SMS, MMS, log panggilan, pengaturan sistem, kamus pengguna, APN, acara kalender, bookmark dan riwayat browser pada perangkat Android Anda.

Cadangan akan disimpan di kartu SD atau memori perangkat, selain itu data juga dapat disimpan di Google Drive atau Dropbox. Anda dapat membackup item yang dipilih secara manual atau menjadwalkan backup secara otomatis.

3. Easy Backup
Esay Backup merupakan aplikasi gratis untuk memback up pesan, log panggilan, entri kalender, bookmark dan kontak. Aplikasi ini dapat membackup data ke kartu SD atau menyimpannya secara online ke akun Google Drive atau Dropbox Anda.

Selain ituAnda juga dapat membuat backup secara manual atau menjadwalkan backup secara otomatis. UI dari aplikasi ini terlihat lebih responsive dan bagus dengan tampilan holo yang gelap.
Aplikasi Backup & Restore untuk Perangkat Android yang telah di root:

Jika Anda memiliki akses root di ponsel atau tablet Android Anda, ada aplikasi all-in-one yang sangat bagus yang bisa membuat file cadangan yang sangat lengkap. Aplikasi tersebut ialah Super Backup, aplikasi ini dapat  membackup pengaturan, data-data penting, kontak, pesan, log panggilan, kalender, bookmark, dll.


Saya berharap dengan aplikasi ini dapat membantu Anda dalam menjaga data-data berharga Anda selalu dicadangkan sehingga Anda tidak khawatir pada saat kehilangan data.

Baca Juga

Penulis artikel, designer template t-shirt dan website

Releted Post:

0 Response to "Cara Backup Apps, Contacts, Logs, Messages dan Settings tanpa Root di Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel