Cara Menginstall Aplikasi Apa Saja di Android Wear

Toko aplikasi yang ada di Android Wear sangatlah terbatas, jadi Anda tidak bisa mendapatkan aplikasi apa saja yang seperti ada di perangkat Android.

Sideloading memungkinkan Anda untuk memasang aplikasi yang tidak tersedia di Google Play Android Wear atau tidak terdaftar sebagai perangkat yang kompatibel.

Namun cara ini ada beberapa kelemahan seperti aplikasi mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya karena belum dioptimalkan untuk perangkat, terdapat bug, lemot saat di buka dan menguras masa pakai baterai.

Untuk jika Anda tidak yakin dengan aplikasi yang akan Anda install, maka jangan lakukan sideloading. Namun jika Anda merasa nyaman bahwa aplikasinya akan kompetible dengan Android Wear Anda, maka lakukan sideloading ke Android Wear.

Cara menginstall aplikasi apa pun di Android Wear

Aktifkan Opsi Pengembang

Di jam tangan Android Wear Anda harus masuk ke Pengaturan > Sistem  >  Tentang > temukan Nomor versi dan ketuk tujuh kali. Sekarang Anda akan melihat opsi baru di menu Pengaturan bernama Opsi Pengembang.

Aktifkan debug ADB melalui Wi-Fi

Di menu Opsi Pengembang, cari dan aktifkan opsi yang disebut ADB debugging, dan konfirmasikan bahwa Anda ingin melakukannya ketika diminta. Di bawah ini, Anda juga harus melihat Debug melalui Wi-Fi. Aktifkan ini, beri waktu sejenak untuk terhubung, lalu catat alamat IP yang muncul di bawah. Ini akan terlihat seperti 192.168.0.27:5555.

Instal Minimal ADB dan Fastboot

Pada PC Windows, laptop atau Mac unduh tool Minimal ADB dan Fastboot disini. Lalu install pada perangkat PC Anda.

Temukan file APK

Untuk sideload aplikasi ke Android Wear, Anda harus mempunyai file APK. Dan Anda bisa mencari berbagai database APK online untuk file aplikasi Android, atau jika terdaftar di Google Play tetapi tidak tersedia untuk perangkat Anda, Anda cukup memasukkan URL halaman di Play Store disini dan klik 'Generate Download Link'.

Persiapkan file APK

Ubah nama file APK menjadi sesuatu yang mudah diingat. Anda dapat mengganti nama file APK dengan cara klik kanan pada file APK dan pilih Ganti nama.

Sekarang buka jendela Explorer dan telusuri ke C: \ Program Files (x86) \ Minimal ADB dan Fastboot. Buat folder baru (klik kanan dan pilih folder baru) dan beri nama aplikasi. Pindahkan file APK ke folder ini.

Hubungkan Minimal ADB dan Fastboot ke Android Wear

Buka aplikasi ADB di komputer Anda dan ketikkan sambungan adb, diikuti dengan alamat IP jam tangan Anda.

Ini akan terlihat seperti ini: adb menghubungkan 192.168.0.27:5555

Tekan Enter, lalu biarkan koneksi di jam tangan (ketika diminta). Sebuah pesan akan muncul untuk memastikan koneksi berhasil.

Transfer APK ke jam tangan

Anda harus memindahkan file APK ke jam sebelum Anda dapat menginstalnya, jadi ketikkan adb push apps / [nama file APK] / sdcard /.

Misalnya: adb push apps / tinycam.apk / sdcard /

Tekan enter. Ini mungkin memerlukan satu atau dua menit, kemudian Anda akan melihat pesan yang mengonfirmasi bahwa file telah dipindahkan ke jam tangan Android Anda.

Instal aplikasi di jam tangan Anda

Langkah terakhir adalah menginstal file APK yang sekarang ada di jam tangan Anda. Ketik adb -e install apps / [nama file APK].

Misalnya: adb -e install apps / tinycam.apk

Tekan Enter, lalu tunggu pesan succses untuk mengonfirmasi aplikasi telah diinstal. Sekarang Anda seharusnya dapat menemukannya di antara aplikasi jam tangan Anda yang lain.

Lalu cobalah aplikasi yang Anda install barusan di Android Wear. Semoga aplikasi tersebut berjalan seperti yang Anda harapkan.

Putuskan koneksi

Jika sudah berhasil putuskan koneksi ADB ke Android Wear Anda. Ketik adb disconnect di Minimal ADB dan Fastboot, lalu tekan Enter. Anda juga harus memasukkan Opsi Pengembang di menu Pengaturan jam dan matikan ADB debugging.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Penulis artikel, designer template t-shirt dan website

Releted Post:

0 Response to "Cara Menginstall Aplikasi Apa Saja di Android Wear"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel