7 Aplikasi Sosial Media Versi Lite Android


Yukampus.com - Aplikasi versi lite untuk sosial media pada Android. Jika dulu, RAM smartphone 512 MB atau 1 GB sudah dirasa cukup untuk menjalankan aplikasi-aplikasi sosial media resmi seperti Facebook, Twitter, Instagram, Skype, dll. Maka, sekarang RAM 2 GB rasanya kurang! Aplikasi-aplikasi jaman now sudah menambah banyak fitur yang membuat ukuran mereka menjadi semakin besar.


Akibat dari seringnya update dan upgrade, penggunaan RAM menjadi semakin banyak. Apalagi karena aplikasi media sosial terus berjalan di latar belakang. Beruntung, sekarang aplikasi Lite menjadi tren dan banyak digunakan oleh developer aplikasi media sosial.


Apa itu Aplikasi Lite?


Lite berasal dari bahasa Inggris yang artinya ringan. Aplikasi Android Lite artinya adalah aplikasi yang mempunyai makna versi ringan. Jadi, jika diartikan lebih lanjut, aplikasi Lite adalah versi aplikasi yang lebih ringan daripada aplikasi biasanya.


Kenapa Aplikasi Lite Lebih Ringan?


Apliaksi Lite menjadi lebih ringan karena banyak mengurangi fitur-fitur pendukung pada aplikasi biasanya. Namun tetap, tidak menghilangkan fitur utama dari aplikasi tersebut. Misalnya saja, aplikasi sosial media Lite tidak menghilangkan fitur untuk chatting dan video call, namun menghilangkan beberapa fitur yang tidak terlalu penting seperti tema yang berat, pengaturan yang kurang perlu, dll. Hal tersebut akan dibahas lebih lanjut pada daftar dibawah ini.


Daftar Aplikasi Sosial MEdia Versi Lite di Android


1. Facebook Lite



Facebook Lite adalah aplikasi yang dikembangkan untuk digunakan oleh pengguna yang berada di jaringan internet yang masih lambat. Berbeda dengan Facebook biasa yang memiliki ukuran sampai puluhan MB dan memakan memori hingga ratusan MB, Facebook Lite hanya memiliki ukuran 1.5 MB saja! Sangat jauh berbeda dan kita tetap bisa mendapatkan fitur utama untuk bersosial media.


Download : Facebook Lite

2. Messenger Lite



Sama halnya dengan Facebook Lite, Messenger yang memiliki ukuran asli sampai puluhan MB berhasil di kompres menjadi hanya sekitar 6 MB saja. Tentu hal ini memberi keuntungan bagi para pengguna Android versi lawas seperti Gingerbread dan versi dibawahnya.


Download : Messenger Lite

3. Line Lite



Line juga mengeluarkan aplikasi versi lite mereka. Aplikasi line lite memudahkan para pengguna untuk tetap berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus khawatir karena line memiliki ukuran yang sangat berat dikarenakan banyaknya stiker yang terpasang, line today, dan fitur-fitur pendukung lain. Ukuran line lite tidak mencapai 4 MB!


Download : Line Lite

4. Skype Lite



Aplikasi video call dan voice call buatan Microsoft ini juga sudah tersedia dalam versi lite nya. Skype bahkan telah mengoptimalkannya supaya bisa tetap berjalan di jaringan internet lambat serta Android yang sudah usang. Ukuran Skype lite hanya sekitar 15 MB saja lho.


Download : Skype Lite
Baca : Perbedaan Skype Lite vs Skype Biasa


5. LinkedIn Lite



Aplikasi sosial media khusus untuk para pencari kerja dan alumni sekolah atau universitas ini sangat memudahkan untuk saling bertukar informasi terkait lowongan dan peluang kerja. Karena banyak dibutuhkan, LinkedIn telah mengeluarkan versi lite untuk aplikasi ini. Aplikasi yang juga merupakan besutan Microsoft ini telah mengeluarkan aplikasi LinkedIn versi lite yang ukurannya tidak sampai 1 MB.


Download : LinkedIn Lite

6. YouTube Go



Nah, ini dia aplikasi lite terbaru dari YouTube. Seperti yang kita tahu, YoTube adalah aplikasi pemutar video yang memiliki konten yang bagus dan mengharuskan kita memiliki RAM besar dan internet yang cepat untuk bisa mengaksesnya. YouTube Go menjadi solusi bagi mereka yang tetap ingin menonton video pada smartphone yang memiliki RAM rendah dan jaringan internet yang kurang baik.


Download : Youtube Go
Baca : Perbedaan Youtube vs Youtube Go


7. Twitter Lite



Saat ini, Twitter seperti sudah kehilangan popularitas di tengah pecinta media sosial Indonesia. Dulu, Twitter menjadi primadona, namun setelah kemunculan Instagram, sepertinya Twitter tidak berdaya. Namun Twitter tidak putus semangat, mereka terus mengembangkan aplikasi agar bisa diakses siapapun, termasuk yang memiliki RAM rendah.


Download : Twitter Lite
Baca : Perbedaan Twitter Lite vs Twitter Biasa


Dan itulah beberapa Aplikasi Media Sosial Android Versi Lite yang bisa kita gunakan jika smartphone kita tidak punya cukup ruang memori untuk menjalankan aplikasi regulernya. Sekian bahasan tentang artikel ini. Jika ada tambahan, request pertanyaan, dll, bisa diajukan pada kolom komentar yang telah tersedia dibawah ini.

Tag : Android, Tips

0 Response to "7 Aplikasi Sosial Media Versi Lite Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel