Cara Mengatasi GPS Tidak Akurat Xiaomi Redmi


Yukampus.com - Membuat GPS menjadi lebih akurat pada HP Xiaomi. Apakah anda termasuk orang yang eksis di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, dll? Apakah anda sering mengupload foto, tulisan, atau video dengan menambahkan lokasi?


Bagi anak muda jaman sekarang, nongkrong di tempat-tempat bagus seperti cafe, restoran, mall, tempat wisata lain atau bahkan di pinggir jalan sekalipun, pasti akan mereka bagikan melalui status dan lokasi serta kegiatan mereka terutama di Instagram dan Facebook.


Membagikan lokasi dan kegiatan kita setiap saat sudah menjadi ‘kewajiban’ bagi mereka-mereka yang eksis di dunia maya. Tidak hanya anak muda, orang tua dan anak kecil pun sudah banyak yang kecanduan dengan dunia yang sebenarnya tidak ada ini. Apalagi dengan adanya fitur membagikan lokasi yang bisa kita manfaatkan jika smartphone kita mempunyai fitur GPS.


Apa itu GPS?


GPS merupakan singkatan dari Global Positioning System, yaitu sistem navigasi berbasis satelit untuk mendeteksi lokasi kita. GPS dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang telah didukung oleh 27 jaringan satelit. Saat ini, penggunaan GPS tidak hanya oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat saja, namun juga sudah merambah ke dunia bisnis, terutama bisnis digital.


Bagaimana GPS Bekerja di Smartphone?


GPS bekerja jika smartphone mempunyai fitur tersebut. GPS smartphone kita akan mengirim sinyal ke satelit sebanyak tiga kali untuk mendeteksi lokasi dimana smartphone kita berada.


Namun, kadang ada kasus dimana GPS smartphone kita tidak mendeteksi lokasi dengan sesuai. Contohnya ketika kita hendak mengupload foto ke Instagram dan mau menambahkan lokasi tapi smartphone kita loading terus dan tidak selesai-selesai, atau ketika kita hendak menambah lokasi ketika mengupdate status Facebook tapi GPS menunjukkan lokasi yang kurang akurat (meski sebenarnya masih dekat dari lokasi kita sebenarnya).


Kasus yang pernah saya alami adalah ketika hendak mendambah lokasi pada alamat di Tokopedia, namun GPS tidak menunjukkan lokasi yang sesuai, bahkan cenderung jauh dari lokasi rumah saya. Dan hal tersebut berdampak buruk ketika saya memesan barang namun pengirim malah mengantarnya ke alamat lain (beruntung saya sertakan nomor telepon sehingga barang sampai di rumah meski terlambat).


Kenapa GPS Handphone Tidak Akurat?


Ada dua hal yang menyebabkan GPS kurang akurat atau bahkan tidak akurat sama sekali :

  1. Sinyal smartphone tidak bagus.
  2. GPS di setting normal.


Saat sinyal tidak dalam kondisi bagus, mungkin kita bisa memaklumi kalau GPS tidak menunjukkan lokasi yang sesuai. Namun apa maksud dari GPS di setting normal? Apakah GPS bisa di setting lebih akurat? Jawabannya bisa! Saya mengetahuinya sendiri karena saya menggunakan smartphone Xiaomi dan berikut adalah caranya.


Bagaimana Cara Agar GPS Bisa Lebih Akurat?


  1. Masuk Setting > General
  2. Pilih Menu Privacy. 
  3. Pilih menu Location.
  4. Terdapat menu Access to my location, pastikan menu tersebut aktif
  5. Kemudian di bawahnya ada pilihan High accuracy, Battery saving, dan Device only, pilih High accuracy.


Apa bedanya?

  1. Jika pilih Device Only, smartphone kita hanya menggunakan fitur GPS yang ada untuk menentukan lokasi.
  2. Jika pilih Battery saving, smartphone kita menggunakan fitur Wi-Fi, Bluetooth dan Data Seluler untuk menentukan lokasi (tanpa melibatkan GPS).
  3. Jika pilih High accuracy, smartphone kita menggunakan seluruh fitur untuk menentukan lokasi, seperti GPS, Wi-Fi, Bluetooth, dan Data Seluler.


Jadi, jika kita memilih high accuracy, maka smartphone kita akan maksimal untuk menentukan lokasi dan diharapkan ketika kita mencari lokasi di aplikasi apapun, tidak akan terjadi yang namanya tidak akurat.


Sekian artikel tentang Cara Mengatasi GPS Kurang Akurat. Cara ini bisa diterapkan pada ponsel Xiaomi, namun belum dicoba di smartphone lain seperti Asus, Vivo, Oppo, iPhone, Huawei, OnePlus, dll. Mungkin sama saja namun penempatan lokasinya berbeda. Jika ada pertanyaan, silahkan ajukan melalui kolom komentar dibawah ini.

Tag : Tips, Xiaomi

0 Response to "Cara Mengatasi GPS Tidak Akurat Xiaomi Redmi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel