Cara Uji Kecepatan Android Dengan Antutu Benchmark


Yukampus.com - Cara cek skor antutu pada ponsel Android. Perkembangan teknologi digital terus menigkat dan bahkan mencapai titik dimana hal tersebut tidak pernah kita bayangkan sama sekali. Sepuluh tahun lalu, kita mengenal ponsel sebagai alat komunikasi saja melalui SMS atau telepon. Saat ini? Kita lebih akrab dengan sebutan smartphone atau ponsel pintar yang fungsinya tidak hanya digunakan untuk SMS atau telepon saja.


Smartphone yang kita gunakan saat ini memiliki banyak fitur yang dapat kita gunakan untuk keperluan lebih banyak seperti mengambil gambar di sekitar dengan bantuan kamera, menyimpan catatan melalui note atau kalender, berinteraksi dengan tatap muka seperti melalui aplikasi Whatsapp, dll.


Kecepatan Performa Smartphone


Tidak hanya itu, pengembang perangkat seluler juga terus meningkatkan produknya dalam hal kualitas kecepatan performa. Salah satu tujuan yang akan dicapai adalah supaya pengguna bisa semakin nyaman menggunakan produk mereka untuk bermain game berat dan tidak mengalami lag, patah-patah atau smartphone cepat panas.


Kecepatan performa sebuah ponsel sering dikaitkan dengan processor apa yang digunakan. Dua dari processor yang sering digunakan saat ini (khususnya pengguna Xiaomi) adalah Qualcomm Snapdragon dan Mediatek.


Kelebihan dan Kekurangan Snapdragon Mediatek


Kelebihan snapdragon dari mediatek yaitu processor ini dikenal lebih tahan panas alias stabil ketika dimainkan untuk memproses game-game berat dalam jangka waktu yang cukup lama. Sementara Mediatek walau dikenal tidak lebih tahan panas, namun processor ini memberikan performa yang lebih baik dan lebih tinggi. Namun tidak selamanya Mediatek lebih baik, tergantung versinya juga, dan hal tersebut bisa kita ukur.


Bagaimana Cara Mengukur Kecepatan Performa Ponsel Android?


Salah satu cara yang paling mudah dan paling sering digunakan adalah menggunakan aplikasi Antutu Benchmark. Dengan aplikasi tersebut, kita bisa secara langsung mengukur tingkat kecepatan performa smartphone yang kita miliki.


Berikut adalah cara untuk mengecek performa ponsel melalui Antutu Benchmark :



  1. Download di Google Playstore : Antutu Benchmark.
  2. Install aplikasi tersebut seprti menginstall aplikasi biasa.
  3. Buka aplikasi tersebut, tunggu hingga proses inisialisasi selesai.
  4. Pada halaman awal, akan ada info device atau perangkat yang kita gunakan.
  5. Pada bagian awal juga terdapat tombol test untuk mengetes performa ponsel kita. Klik Test.
  6. Tunggu sampai proses testing selesai dan hasilnya akan kelihatan.

Setelah itu kita akan mendapat skor antutu dari ponsel kita. Perlu diingat bahwa ponsel dengan tipe yang sama dan processor yang sama (pokoknya sama persis) tidak selalu memberikan hasil antutu yang sama pula, ada hal-hal lain yang mempengaruhi kecepatan performa smartphone android kita.



Sekian artikel yang membahas tentang Cara Cek Kecepatan Ponsel Dengan Antutu. Cara ini bisa diterapkan pada ponsel Xiaomi, Asus, Samsung, Vivo, Oppo, Advan, Sony, dll yang menggunakan sistem operasi Android.

Tag : Android, Tutorial

0 Response to "Cara Uji Kecepatan Android Dengan Antutu Benchmark"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel