Penyebab hp xiaomi bootloop dan cara mengatasinya [ 15 menit ]

Penyebab Hp xiaomi bootloop dan cara Mengatasinnya

IME android - Post kali ini masih berkaitan dengan smartphone pastinya,kali ini saya akan membahas penyebab hp xiaomi bootloop .Biasanya bootloop itu sendiri di sebabkan oleh perilaku pengguna (secara umum) tetapi lebih spesifik mari kita perdalam lagi supaya sebagai pengguna mampu menghindar dari hal tersebut.
Dengan melaukakan modifikasi sistem MIUI atau mengganti ROM pada hp xiaomi dapat mengakibatkan smartphone anda mengalami masalah untuk itu saya rekomendasikan untuk melakukan.Sedikit gambaran tentang jenis bootloop yang terjadi pada smartphone ,ada  tiga jenis bootloop:
  • Bootloop ringan yaitu kondidi smartphone dapat di nyalakan sampai menu namun tidak lama kemudian restart kembali.
  • Bootloop Sedang Hp dapat di nyalakan tetapi hanya mampu menampilakan logo saja,tetapi masih bisa masuk CWM.
  • Bootloop berat berbeda dengan bootloop berat ,hp dapat di nyalakan dan masuk ke logo animation tetapi tidak dapat masuk ke CWM.

Penyebab Bootloop pada Smartphone.

Penyebab smartphone mengalami bootloop secara umum hampir sama dan sudah saya bahas sebelumnya untuk mengingatkan kembali atau mungkin anda belum baca pada artikel saya yang sebelumnya maka berikut penyebab bootloop pada smartphone,

Modifikasi Sistem,dengan melakukan modifikasi sistem hal ini sangat rentan terhadap potensi terjadi bootloop,untuk hp android yang sudah di root biasanya ini bisa di lakukan artinya jika hp ana belum root maka kemungkinanya sangat kecil untuk dapat melakukan modifikasi sistem.


Salah flashing Custom ROM menajdi salah satu penyabab bootloop juga ,custom CWM melakukan flashing custom ROM sebaikanya lakukan dengan hati hati supaya tidak terjadi kesalahan,pastikan untuk melakukan flashing sebaiknya pastikan Frimware /ROM yang anda akan flash ke smartphone sudah sesuai dengan tipe smartphone yang anda gunakan.

Salah mengatur permision pada Hp ,Permission adalah hak akses yang dimiliki pada suatu aplikasi dimana agar aplikasi tersebut dapat mengakses beberapa informasi dari ponsel yang kita miliki. Perlu kalian ketahui bahwa pada Android  terdapat banyak informasi personal semisal lokasi, kontak, dan koleksi foto kita pada galeri. Sehingga OS pada Android itu sangat berpengaruh pada permission, jika kita melakukan kesalahan dalam mengatur permission pada sebuah file maka dapat mengakibatkan bootloop. Jadi penulis sarankan berhati-hatilah dan teliti dalam memberikan permission pada suatu file di ponsel Anda
Overclock pada Android


Pada dasarnya ponsel yang berbasis Android sistem kerjanya sama dengan laptop dan PC. Karena dengan kemajuan teknologi sehingga pabrikan-pabrikan sekelas Apple, Samsung, Sony, dan masih banyak lainnya menciptakan ponsel berbasis Android dan iOS dengan spesifikasi yang hampir setara dengan laptop maupun PC. Dengan tujuan memberikan kemudahan dan kepraktisan kepada user (penggunanya).

Cara mengatasi Bootloop pada Hp Xiaomi. 


Cara ini berlaku untuk hp xiaomi bootloop yang sudah UBL dan non UBL, Kondisi bootloop Xiaomi snapdragon masih terkunci tetapi tenang saja karena masih dapat masuk ke mode fastboot dengan cara :
Tekan tombol power dan Volume down secara bersamaan, hingga masuk kedalam fastboot mode lalu lepaskan. 
Perlengkapan 
cara mengatasi hp xiaomi bootloop

Untuk beberpa perlengkapan yang harus anda siapkan tetapi sebelumnya pastikan baterai pada xiaomi anda dalam keadaan minimal 50%, dan pastikan menggunakan kabel data original xiaomi (rekomended) dan pv atau laptop menggunakan OS windows 7 keatas dengan kondisi menonaktifkan driver signature.

Selanjutnya siapkan MiFlashTools V 20170425,  MiFlash tersebut sudah include dengan driver untuk Windows 32/64 bit, jadi anda  tidak perlu install driver lain lagi.)Downolad

Tidak lupa file yang satu ini ROM Fastboot Xiaomi,  untuk download file ini harus sesuai dengan tipe hp xiaomi anda . Kemudian Ganti nama file ROM yang berextensi .tgz/tar menjadi .zip selanjutnya ekstrak &  letakkan di drive C:\ atau pada folder tanpa spasi Xiaomi Official

Download Driver Qualcomm HS-USB QLoader (EDL : Emergency Download Mode) untuk download pastikan sudah anda sesuaikan dengan jenis komputer anda.  Windows 32 bit atau Windows 64 bit

Kemudian silahkan anda download dan Install " ADB fastboot Installer, berfungsi untuk drivers dan masuk ke fastboot mode otomatis.

Selanjutnya Install Xiaomi Android USB Driver, fubgsinya sebagai driver ADB Interface dan Bootloader Interface, perlengkapanya stelah di download semua silahkan di kumoulkan supaya tidak bingung. 

Langkah mengatasi bootloop xiaomi. 
Saya anggap anda sudah mengumpulkan dan download semua perlengkapan diatas, kemudian bisa anda lanjukan ke tahap berikutnya yaitu ekstrak dan install QDLoader HS-USB Driver. 
Penyebab hp xiaomi bootloop
Xiaomi
Ikuti proses install di komputer anda hingga selesai.
Kemudian setelah proses install selesai bisa anda lanjytkan ke menjalankam MiFlashTools caranya buka folder C:\XiaoMi\XiaoMiFlash kemudian klik kanan Run as Administrator pada XiaoMiFlash.exe.lihat tampilanya seperti di bawah.. 

Hubungkan hp Xiaomi ke laptop menggunakan kabel USB Original. Matikan smartphone kemudian masuk ke mode fastboot dengan menekan tombol Power + Vol Down secara bersamaan beberapa detik hingga muncul logo fastboot seperti gambar dibawah. 


cara mengatasi xiaomi bootloop\
Selanjutnya Buka folder c:\adb, dan tekan tombol SHIFT + Klik Kanan pada bagian kosong, pilih Open command window here, seperti gambar di bawah. 
cara flash xiaomi
Ketik perintah di bawah ini untuk memastikan hp anda terhubung atau tidak. 
fastboot devices
Apabila terdapat angka unik dan huruf beberapa digit, artinya Xiaomi anda berhasil terkoneksi dan berada pada mode fastboot, semoga lanjutnya ketik perintah. 
fastboot oem edl
Kemudian layar smartphine anda akan mati dengan di tandai lampu indikator warna merah berkedip, itu tandanya smartphone anda masuk ke dalam mode EDL. Kemudian sebelum ke langkah berikutnya pastikan driver Qualcom HS-USB QDLoader sudah benar-benar berhasil terpasang ditandai dengan tidak adanya tanda seru pada Port (COM & LPT) di Device Manager PC/Laptop anda.
mengatasi Hp xiaomi bootloop
Apabila  Driver HS-USB QDLoader telah terpasang dengan benar, kembali ke MiFlash Tools.
Selanjutnya Klik Refresh,
penyebab bootloop

Maka smartphone Xiaomi anda akan terdeteksi port COMx, tergantung dari PC/Laptop anda, bisa jadi COM5, COM10, dan sebagainya. 
Kemudian, klik select lalu arahkan ke folder dimana anda menyimpan hasil ekstrak dari fastboot ROM yang telah anda download .
Selanjutnya klik OK, dan di lanjutkan dengan klik Flash seperti gambar di bawah ini. 
cara mengatasi xiaomi bootloop
Kemudian Tunggu sampai proses flash selesai dengan ditandai dengan status “flash done” seperti gambar di bawah ini. 
xiaomi
Setelah proses flashing selesai maka smartphone xiaomi anda akan melakulan restart secara otomatis, apabila tidak rstart silahkan cabut kabel dan coba nyalakan manual. Biasaya proses booting setelah flasing dan membutuhkan waktu lebih lama di bandingkan biasannya.
Nah selesai sudah artikel saya tentang penyebab bootloop dan cara mengatasinya, untuk penyebab bootloop sendiri memang variatif untuk itu sebaiknya selalu memperhatikan kesehatan smartphone. 
Tips menghindari smartphone supaya tidak bootloop. 
Tidak menginstall aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya, untuk itu pastikan aplikasi yang anda install berasal dari playstore. 
Perhatikan kapasitas memori internal, karena sistem memburuhkan ruang free space memori maka usahakan jangan terlalu penuh sehingga smartphone menjadi lambat dan potensi bootloop. 
Tidak melakukan root hp anda, potensi terjadi bootloop sangat tinggi jika anda melakukan root hp android anda untuk pemakaian standar hp menjafi jauh lebih awet di bandingkan hp yang sudah root. 
Usahakan hp anda tidak di pergunakan secara berlebihan seperti, main game yang membutuhkan grafis dan tenaga besar sehingga samrtphone bekerja secara terus menerus dan berat. 
Hindari pemakaian hp dalam keadaan sambil mengisi daya.
Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.  
Share This :

0 Response to "Penyebab hp xiaomi bootloop dan cara mengatasinya [ 15 menit ]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel