Tips Ampuh Merawat Laptop Biar Abadi Dan Tahan Lama

laptop/pc di zaman kini banyak orang yang membutuhkan, alasannya ialah dengan laptop sanggup membantu pekerjaan seseorang dengan gampang dan cepat. Apalagi orang yang bekerja diperkantoran niscaya sangat membutuhkan yang namanya laptop.
merawatlaptop Sering kali kita melihat seseorang yang menentengnenteng laptop ke arah dimana ada sumber hotspot. Namun, jarang sekali kita memperhatikan bagaimana kondisi laptop kita? mungkin ketika laptop kita sudah menunjukkan gejalagejala asing atau trouble, kita gres sadar kalau laptop kita ternyata kondisinya sudah memprihatinkan. Hal tersebut masih sering kita lihat di sekitar kita. Ada baiknya bagi Anda yang memiliki laptop, untuk sanggup mengikuti 10 tips merawat notebook/laptop berikut ini:

1. Tempatkan laptop pada daerah yang rata/datar supaya lubang ventilasi yang letaknya di belahan bawah laptop tidak tertutup. Pastikan laptop berada di daerah stabil, tidak banyak goyangan dan getaran yang sanggup merusak Harddisk, Optical Drive, socketsocket serta komponen mekanik lainnya.

2. Sebelum menghidupkan laptop, pastikan kondisi battery masih ada daya yang cukup untuk proses booting hingga menjalankan OS. Bila ragu, pasang adaptor, kemudian hidupkan laptop Anda. Kekurangan daya battery sewaktu menghidupkan laptop, akan menimbulkan gagal booting dan harddisk sanggup rusak permanent/total.
3. Pastikan dengan teliti stop kontak adaptor apakah sudah terpasang dengan baik dan benar. Bila tidak, akan terpercik bunga api pada stop kontak yang berakibat proses charge akan putus sambung. Kemungkinan terburuk setiap percikan oleh battery dianggap 1 cycle charging (Batt Lithium +/1000 x charging). Pengalaman mengambarkan akhir stop kontak kendor telah menjadikan umur battery menjadi sangat pendek bahkan ada yang hanya berumur 1 bulan saja battery sudah rusak.

4. Perhatikan indikator battery sebelum mengisi (mencharge) laptop Anda. jangan biarkan batere anda hingga habis total sebelum mengecharge ulang.. ketika indikator batere menunjukkan low batere,segera charge batere anda ( dengan cara colok ke power listrik dl gres ke laptop) dan kalau indikator batere ud menunjukkan batere penuh 100% segera cabut kabel charge (dengan mencabut kabel yg terkoneksi kelaptop lebih dulu br yg ke power listrik) jangan terus menerus membiarkan batere dlm posisi sll dicharge walaupun sudah penuh untuk menghindari over charging. yg akan menjadikan batere menjadi cepat drop dan bocor.

5. Jangan biasakan memakai laptop dengan adaptor saja dan battery dilepas. Rumor diluar menyampaikan bila bekerja dalam jangka waktu yang usang sebaiknya battery dilepas alasannya ialah sanggup rusak akhir overcharge. INGAT!!! itu akan menjadi malapetaka besar manakala listrik mati tibatiba dari PLN. Harddisk dalam laptop sanggup rusak parah berikut data didalamnya. Padahal, filefile “DATA” kadang jauh lebih bernilai daripada laptop itu sendiri. Jadi, selain sebagai penyimpanan daya, battery juga berfungsi membantu menyediakan daya yang stabil dikala adaptor saja tidak cukup mencukupi ketika Processor bekerja dengan maximum.

6. Jika hendak membawa laptop dan dimasukkan ke dalam tas, pastikan laptop sudah dalam kondisi Shutdown. Apabila masih standby, dikhawatirkan laptop tibatiba hidup sendiri alasannya ialah terkadang ada perintahperintah resident yang terlupakan sewaktu standby. Saat laptop hidup kembali tetapi masih berada didalam tas, akan terjadi gangguan sirkulasi udara sehingga menjadi sangat panas bahkan chasingnya sanggup meleleh. Kemungkinan lain, bila terjadi goncangan ketika laptop dalam keadaan hidup, harddisk dan data didalamnya akan rusak.

7. Jangan membawa banyak barang dalam tas hingga berdesakan dengan laptop, alasannya ialah sanggup menjadikan panel LCD laptop Anda retak/pecah (Ingat!!! harga LCD Panel laptop sangat mahal +/2.5 jt)

8. Tambahkan pelindung layar (screen protector) supaya layar tidak gampang tergores, pelindung keyboard (keyboard protector) supaya keyboard tidak kemasukan debu/cairan yang menjadikan kerusakan pada tuts keyboardnya dan gunakan cooling pad bila laptop akan dipakai dalam waktu yang lama, supaya sirkulasi udara dalam laptop terjaga.

9. Jangan meletakkan Handphone diatas laptop maupun di atas keyboard laptop. Lebih baik jauhkan Handphone dari laptop Anda. Pengalaman membuktikan, Handphone sewaktu ada call atau ketika mendapatkan sms, mengeluarkan radiasi yang sangat besar sehingga akan merusak chips dalam laptop yang terbukti sangat sensitif terhadap radiasi elektromagnetik. Akibat yang sering terjadi ialah kerusakan chips keyboard controller yang menjadikan beberapa angka/huruf tidak sanggup keluar.

10. Update antivirus laptop anda sesering mungkin, hindari situssitus internet berbahaya, alasannya ialah banyak spyware, spam, malware, dll. Hindari tukar menukar data dengan sesama pengguna komputer tanpa di check dengan antivirus terlebih dahulu, dan gunakan software original (bukan bajakan) supaya kondusif dan nyaman.

Semoga tips tersebut sanggup bermanfaat bagi Anda pengguna laptop supaya sanggup lebih berhatihati untuk merawat laptop.

0 Response to "Tips Ampuh Merawat Laptop Biar Abadi Dan Tahan Lama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel