Trik hp menjadi lebih cepat tanpa root [Atasi Hp Lemot]

Cara membuat hp menjadi lebih cepat. 

IME android -  Bagi pemilik smartphone yang lemot suka lag pastinya membuat anda kesel bukan, wait!!  Mari kita bahas cara membuat hp menjadi lebih cepat apapun tipe hp anda. Jangan salah hp yang mrmiliki RAM besar pun bisa mejadi lemot karena setiap komponen atau perangkat samrtphone memiliki batas sehingga setiap penggunaan hendaknya anda memperhatikan spesifikasi dari hp anda. Tips hp menjadi cepat bukan trik yang sulit untuk anda kerjakan melainkan suatu cara mudah untuk menjadikan hp anda menjadi ringan dan performa menjadi lebih maksimal. Jika hp anda molai lemot maka artikel ini sangat tepat untuk anda, banyak pengguna smartphone yang mengabaikan dari tigkat kecepatan hp, mengabaikan spesifikasi hp.

Mengapa hp menjadi lambat atau lag, perlu anda perhatikan beberpa penyebab yang dapat menimbulkan smartphone menjadi lelet atau performa. Bukan pilihan yang tepat jika anda melakukan pencarian "Cara menambah ram hp android"  karena RAM pada smartphone tidak seperti RAM laptop atau PC Yang bisa anda ganti atau di tambahkan dengan mudah, RAM pada Smartphone bersifat Onboard atau berada langsung satu papan mesin HP tersebut dan tidak dapat di ambil karena di kondisi tersolder, berbeda RAM pada komputer kondisinya dapat di upgrade dan di tambahkan ke spek yang lebih tinggi karena menggunakan Socket.

Kemudian bagaimana dengan Menambahkan RAM pada hp android menggunakan aplikasi?
Anda dapat  mencari aplikasi menambah ram di playstore tetapi sejauh saya pernah mencoba menambahkan RAM Pada hp android menggunakan aplikasi tidak begitu efektif. Tidak ada perubahan signifikan pada kecepatan smartphone pada dasarnya menambah RAM yang bersifat Virtual tidak menjadikan perubahan pada kecepatan secara drastis bahkan terasa tidak ada perbedaan sama sekali. Kecuali pada hp android yang sudah di root maka untuk menambah kecepatan dapat kita lakukan dengan metode overclock tetapi dengan melakukan overclok hp anda menjadi cepat panas, gampang eror, potensi mati total.

Cara hp / smartphone menjadi cepat. 

Saya berasumsi ketika anda sedang membaca artikel ini berarti anda sedang mencari solusi mengatasi hp android yang lemot. Cara mengatasi hp lemot memang tidak rumit apapun merek hp anda, samsung, asus, andromax, xiaomi, oppo dan lainya dapat kita bikin menjadi optimal. 

RAM Menjadi salah satu faktor penting dalam mempengaruhi kinerja smartphone, dalam hal ini pastinya kecepatan. Ketika hp anda merasa lemot, sering lag, not responding hal pertama yangvperlu anda ingat adalah mengkoreksi kapasitas RAM anda. Kesimpulanya adalah semakin besar kapasitas RAM pada smartphone anda maka semakin cepat juga Kinerjanya. Multi tasking yang di hasilkan semakin banyak aplikasi yang terbuka maka semakin berat juga kinerja dari RAM. 

Memori Internal juga tidak kalah pentingnya mempengaruhi kinerja pada sebuah hp android, banyak trik hp android yangvtersebar di internet untuk mempercepat kinerja-nya. Itu tidak akan berhasil jika hp memori internal hp anda sudah penuh, artinya ketika anda menginginkan hp anda memiliki performa atau kecepatan yang optimal maka jangan sampai memori internal anda penuh. Akibatnya adalah beban besar pada hp anda membuat memperlambat kinerja sistem dalam mengerjakan tugasnya.
Tips:
Jika memungkinkan maka gunakan memori external untuk menyimpan file ataupun gambar, sehingga memori internal di peruntukan instalasi aplikasi dan sistem tetapi jika tidak sebaiknya memori internal free minimal 30%.

Aplikasi bukan hal yang tidak mungkin jika kita menginginkan smartphone kita cepat dengan banyak aplikasi terinstall, tetapi dengan aplikasi aplikasi tersebut jika hp kita adalah golongan low spek maka yang terjadi adalah menjadi lemot / lambat. Artinya apa.. Apabila anda menginginkan hp menjadi ringan dalam pengoprasian maka perbandingan aplikasi yang di install dengan hp harus sesuai,contohnya jika anda memiliki hp dengan RAM 1GB,CPU Quad-Core 1.5, memori internal 8GB Tetapi di paksakan untuk melayani garangnya Mobile Lagend pastinya akan membuat hp anda justru sangat lambat. Disinilah point pentingya untuk memahami spesifikasi dari smartphone terutama yang anda gunakan dan aplikasi apa yang akan di install didalamnya. 

Hadware salah satu yang mempengaruhi terhadap performa dan tidak bisa kita abaikan begitu saja adalah dari aspek hardware, dalam hal ini mengacu ke spesifikasi hardware, memang tidak bisa lepas dari Software (aplikasi, sistem operasi)  karena ketika kita bahas hardware tentunya juga berkaitan dengan softwarenya.  Pada prinsipnya smartphone terdapat dua hal yang sangat vital yang pertama hardware dan yang kedua software. Seperti yang sudah saya ungkapkan diatas mengenai hp yang lemot, perhatikan spesifikasi hardware dan aplikasi yang terinstall supaya setiap aplikasi yang anda install adalah sesuai dengan kemampuan dari spek hardware smartphone anda. (titik) 

Cara mengatasi hp lemot menjadi lebih cepat. 

Mari kita beranjak ke cara mengatasinya, jika sudah terjadi dan terlanjur hp anda menjadi lemot /lambat maka tidak ada pilihan lain kecuali berusaha memulihkan staminanya. Bagaimana cara mengatasi hp android yang lemot, silahkan ikuti langkah langkah berikut. 

1.Bersihkan junk file dan cache.
Selau memperhatikan file sampah yang yang mengendap pada smartphone anda untuk memperingan kerja sistem bukan hanya itu saja tetapi termasuk file cache, pada hp xiaomi berikut caranya.
Mempercepat kinerja hp
Kemudian pilih "Pembersih, kemudain" bersihkan".
Mengatasi hp lemot

Jika pada smartphone lain dan tidak terdapat aplikasi pembersih bawaan mak bisa download aplikasi pembersih lainya di playstore, atau bisa anda lakukan secara manual,berikut caranya.
Silahkan masuk ke pengaturan, kemudain pilih "Aplikasi terinstall"  dan setelah itu  akan muncul apikasi-aplikasi yang teristall pada hp anda.
Pilih aplikasi yang akan anda bersihkan, kemudain akan muncul informasi aplikasi, terus pilih "Clear cache"

2.Filter Aplikasi buang yang tidak terpakai.
Jangan biarkan aplikasi apalikasi yang tidak terpakai diem diem aja di hp anda, cara memperingan kinerja hp anda salah satunya adalah membuang aplikasi yang tidak terpakai. Terlebih lagi aplikasi yang membutuhkan akses internet secara terus menerus aplikasi tersebut selalu melakukan ping terhadap server,dan pastinya kinerja hp anda menjadi berat karena tugas tersebut.

Utamakan aplikasi yang di gunakan saja. 

Dengan mengurangi aplikasi maka beberpa keuntungan sekaligus bisa anda dapatkan.
Kuota internet menjadi lebih hemat, baterai menjadi lebih awet, hp menjadi lebih cepat dalam performanya.
Untuk memastikan hp anda dapat lebih optimal kecepatnaya maka hindari menginstall game, menginstall aplikasi sosial media berlebihan, buang aplikasi yang tidak terpakai.

3.Beri free space yang cukup pada memori internal. 
Bukan hanya lambat/lemot tetapi overload juga dapat menyebabkan bootloop karena sistem tidak memiliki ruang gerak yang memadai. Jadi salah satu cara mengatasi hp android yang lemot adalah dengan memindahkan file - file yang ada pada memori internal ke komputer atau ke memori ekternal.

4.Pastikan Hp anda bebas dari Maleware. 
Jika hp anda cepat panas, lemot pastikan hp anda tidak tierifeksi malewae karena virus tersebut bekerja melakukan beberpa aktifitas yang tidak anda ketahui. Hal ini pastinya membuat hp anda menjadi lemot, sering lag, cepat panas cara mengatasinya bisa menggunakan anti virus.
Baca :
Ciri ciri hp kena virus. 

5.Kembalikan ke pengaturan pabrik. 
Cara mengatasi hp android yang lemot menjadi cepat adalah dengan cara mengembalikan ke pengaturan pabrik. Cara ini adalah yang paling ampuh pasalnya smartphone anda akan di kembalikan ke kondisi seperti hp yang baru anda beli, dari sana akan terlihat performa atau kecepatam yang sebenarnya. Tetapi melakukan mengembalikan ke pengaturan pabrik dapat mengakibatkan kehilangan data data penting di hp anda, nah untuk itu di sarankan untuk melakukan back up terlebih dulu file penting, kontak, atau gambar ke memori ekternal atau laptop anda.
Baca :
Cara hard reset hp Oppo semua tipe
Cara hard reset Hp lenovo Semua tipe.
Cara hard reset Hp Xiaomi semua tipe

Tarik kesimpulan mengatasi hp Lemot.
Untuk mengatasi hp android yang anda lakukan koreksi diatas, Aplikasi, Memori, Spesifikasi, bebas Virus dan jika tidak mempercepat kinerja hp anda maka lakukan factory reset.
  • Aplikasi jangan kebanyakan, filter aplikasi yang tidak terpakai dan unistall aplikasi berat dan terhubung terus dengan internet. 
  • Memori memiliki ruang bebas yang memadai,tidak kepenuhan maksimal 70% jika memungkinkan semakin ruang bebas besar maka semakin baik. 
  • Spesifikasi Hp untuk yang satu ini sangat mendasar adalah spek dari hp anda, perhatikan RAM, Cipset, dan Kapasitas Memori. 
  • Sehat dan bebas dari Virus kondisi hp anda,ini penting sekali  
  • Factory reset atau mengembalikan ke kondisi pengaturan pabrik menjadi langkah efektif  mewakili semua hal berkaitan dengan performa, hp anda akan kembali cepat seperti hp baru layaknya baru di beli. 

Nah sekian artikel saya kali ini tentang cara mengatasi hp android yang lemot, pastikan hal hal diatas sudah anda lakukan niscaya hp menjadi lebih cepat dan performa menjadi seperti hp yang pertama baru anda beli.



Share This :

0 Response to "Trik hp menjadi lebih cepat tanpa root [Atasi Hp Lemot] "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel