Flash Hp : Pengertian Dan Macam-Macam Topologi Jaringan Lengkap Dengan Gambarnya

Pengertian dan macam-macam topologi jaringan - Berbicara mengenai jaringa komputer, sebetulnya macam macam jaringan komputer itu sangat banyak berdasarkan bentuk, kelompok dan fungsinya masing-masing. Nah, yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini ialah topologi jaringan, mulai dari pengertian topologi hingga macam macamnya. Berikut ini pembahasan lengkap mengenai topologi jaringan.

Topologi jaringan ialah tata letak banyak sekali elemen yang saling berafiliasi di jaringan komputer. Topologi sanggup bersifat fisik atau logis. Ada baiknya untuk kita mengetahui perihal topologi jaringan alasannya ialah banyak sekali jenis standar jaringan sanggup memakai satu jenis topologi fisik, tetapi memakai topologi logis yang sama sekali berbeda. Topologi fisik mengacu pada cara jaringan komputer dihubungkan secara fisik. Pada referensi pertama kita mempunyai banyak host yang terhubung ke media jaringan melalui sebuah kawat (kabel). Ini ialah topologi bus.

Macam-macam topologi jaringan beserta gambarnya


Topologi Bus


 
 yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini ialah topologi jaringan Flash Hp : Pengertian Dan Macam-Macam Topologi Jaringan Lengkap Dengan Gambarnya

Banyak standar jaringan yang akan kita gunakan salah satunya memakai topologi bus, baik secara fisik maupun logika. Pada topologi bus semua data mengalir pada kabel pusat. Masing-masing dari setiap host yang terhubung dengan kabel tersebut sanggup berkomunikasi secara pribadi dengan host lain yang terhubung ke kawat. Pada zaman kini ini kita tidak akan melihat banyak jaringan yang masih memakai topologi bus fisik lagi. Namun, kita akan menemukan banyak jaringan yang masih beroperasi secara logis.

Topologi Cincin (ring)


 yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini ialah topologi jaringan Flash Hp : Pengertian Dan Macam-Macam Topologi Jaringan Lengkap Dengan Gambarnya

Dalam topologi jaringan cincin, tidak ada media penghubung tengah. Sebagai gantinya topologi ini mempunyai titik untuk menawarkan koneksi antara host jaringan. Setiap host terhubung ke dua tetangganya. Berbeda dengan topologi bus, dengan topologi ring workstation yang diberikan atau host hanya sanggup berkomunikasi secara pribadi dengan hanya dua host lain di jaringan. Data yang ditujukan ke host selain tetangga akan diteruskan ke host yang terhubung berikutnya hingga mencapai host penerima. Dengan cara ini, isu sanggup dikirimkan ke host manapun di jaringan. Ini mungkin bukan koneksi pribadi alasannya ialah mungkin harus pergi dari host ke host ke host sebelum hasilnya datang di tujuannya.

Topologi bintang


 yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini ialah topologi jaringan Flash Hp : Pengertian Dan Macam-Macam Topologi Jaringan Lengkap Dengan Gambarnya

Topologi bintang memakai perangkat penghubung pusat. Semua host di jaringan terhubung ke perangkat penghubung utama dengan kabel jaringan dan itu ialah topologi fisik. Namun, alasannya ialah protokol yang berbeda mungkin benar-benar beroperasi menyerupai Ring atau topologi Bus. Jika satu host perlu mengirim data ke host lain, ia akan mengirimkan informasinya ke perangkat penghubung utama. Perangkat penghubung sentra kemudian mereplikasi isu dan meneruskannya ke host yang tepat.

Cara kerja alat penghubung sentra tergantung pada standar jaringan yang digunakan. Beberapa perangkat akan menyalin data tersebut dan mengirimkannya ke semua host (Hub). Setiap host kemudian akan melihat isu itu dan menilik apakah itu ditujukan untuk itu. Jika paket tidak dialamatkan ke host tertentu, itu akan menjatuhkan paket. Dengan cara ini hanya peserta yang sempurna yang akan membaca isu dalam paket.

Teknologi jaringan lainnya akan beroperasi dengan cara yang sangat berbeda. Perangkat sentra akan mengingat host mana yang terhubung ke port mana di central device (Switch). Karena perangkat sentra mengetahui host mana yang terhubung ke port tujuan, ia akan mengirim data pribadi ke peserta paket yang tepat.

Topologi Mesh


 yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini ialah topologi jaringan Flash Hp : Pengertian Dan Macam-Macam Topologi Jaringan Lengkap Dengan Gambarnya


Topologi jaringan mesh berarti bahwa setiap host terhubung ke setiap host lain di jaringan. Mari kita lihat misalnya dengan lima host. Ini juga dikenal sebagai topologi jala penuh. Sekarang, bayangkan kita mempunyai 10, atau 50 host. Hal-hal akan menjadi sangat rumit sangat cepat. Karena itu, topologi ini lebih teoritis, tetapi sanggup diimplementasikan dengan lebih gampang dalam jaringan nirkabel.


Topologi Mesh di Jaringan Nirkabel


Karena kita tidak harus mempunyai kartu antarmuka jaringan terpisah untuk setiap host yang harus kita hubungkan ke satu host dan alasannya ialah tidak ada kabel, topologi mesh sanggup dipakai dalam jaringan nirkabel. Setiap pemancar nirkabel sanggup pribadi berkomunikasi dengan peserta nirkabel pada host lain dalam jaringan. Makara disebut jaringan nirkabel ad-hoc diimplementasikan dengan cara ini. Dalam jaringan ad-hoc tidak ada titik penghubung pusat. Sebagai gantinya, setiap host nirkabel berkomunikasi pribadi dengan host nirkabel lainnya. Jaringan ad-hoc biasanya tidak diimplementasikan, mengkonfigurasi hal itu tidak layak kalau kita mempunyai lebih dari 4 atau 5 host. Sebagian besar jaringan nirkabel sebetulnya dikonfigurasi dalam topologi bintang di mana ada titik penghubung sentra yang disebut Wireless Access Point, yang terhubung dengan semua pemancar.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai pengertian dan macam macam topologi jaringan komputer, biar dengan klarifikasi diatas semakin menambah pengetahuan agan mengenai jaringan komputer. Oke sekian pembahasan pada kesempatan kali ini, biar bermanfaat.

0 Response to "Flash Hp : Pengertian Dan Macam-Macam Topologi Jaringan Lengkap Dengan Gambarnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel