Flash Hp : Pengertian Jaringan Peer To Peer Dan Client Server Serta Kelebihan Dan Kelemahanya

Pengertian Jaringan Peer to Peer dan Client Server - Halo gan, pada kesempatan kali ini kita akan membahas lagi problem jaringan. Seperti kita ketahui jaringan komputer itu ada banyak macamnya ibarat jaringan LAN, MAN, WAN, serta Topologi Jaringan. Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai jaringan peer to peer dan client server yang mana jaringan ini merupakan penggalan dari jaringan LAN (Local Area Network).

Sudah pada tau apa pengertian dari jaringan peer to peer dan client server ? bila agan masih kebingungan dan ingin memahami lebih dalam mengenai jaringan peer to peer dan client server, beriku ini pembahasannya.


Peer-to-Peer


Jenis jaringan pertama yang akan sanggup dipakai disebut Peer-to-Peer. Dalam jaringan ibarat ini tidak ada yang namanya host server dan network tidak mempunyai kiprah yang spesifik. Mereka menyediakan layanan jaringan dan mereka juga mengkonsumsi layanan jaringan. Dalam jaringan peer-to-peer kita sanggup mempunyai host yang akan memenuhi banyak sekali kiprah yang berbeda.

Pengertian Jaringan Peer to Peer dan Client Server Flash Hp : Pengertian Jaringan Peer to Peer dan Client Server Serta Kelebihan Dan Kelemahanya

Sebagai contoh, satu komputer sanggup mempunyai printer yang terhubung dengannya yang dibagikan di jaringan. Komputer lain sanggup memasang hard drive besar dan semua orang diperbolehkan menaruh file di hard drive itu. Jadi, dalam situasi ini kita mempunyai host yang menyediakan dan mengkonsumsi layanan jaringan. Intinya, mereka berfungsi baik sebagai klien dan sebagai server pada ketika yang bersamaan. Manfaat utama jaringan peer-to-peer yakni akomodasi pemasangan. Yang harus kita lakukan yakni membagi sumber daya kita di jaringan. Ini juga sangat murah sebab kita tidak perlu membeli hardware dan software server.

Tentu saja, ada beberapa kelemahan pada jaringan peer-to-peer. Pertama-tama, jaringan peer-to-peer tidak terlalu terukur yang berarti semakin besar, semakin sulit untuk mengelolanya. Itu sebab jaringan ini tidak mempunyai kontrol terpusat. Jaringan Peer-to-Peer biasanya diimplementasikan dalam organisasi kecil yang memakai sejumlah komputer terbatas. Dalam situasi di mana terdapat lebih dari 10 komputer di jaringan, kita harus mempertimbangkan untuk memakai jaringan server berbasis terpusat.

Client Server


Klasifikasi lain dalam kategori kiprah host yakni jaringan server klien. Dalam jaringan server klien, tidak ibarat jaringan peer-to-peer, host jaringan mempunyai kiprah spesifik yang mempuyai tugas. Jaringan ini mempunyai sistem tertentu, host tertentu yang ditugaskan untuk menjadi server. Server menyediakan sumber jaringan.

Pengertian Jaringan Peer to Peer dan Client Server Flash Hp : Pengertian Jaringan Peer to Peer dan Client Server Serta Kelebihan Dan Kelemahanya

Pada jaringan client-server juga mempunyai klien atau workstation. Server menyediakan sumber daya dan klien memakai sumber daya. Dengan jaringan peer-to-peer, semua orang mempunyai sistem operasi yang sama atau serupa, tetapi di server klien, workstation klien mempunyai sistem operasi yang gampang dipakai ibarat Windows XP, Vista, 7, MacOS atau Linux.

Server akan mempunyai sistem operasi khusus yang dioptimalkan ibarat Server 2003 atau Server 2008. Sistem operasi ini dirancang untuk menyediakan sumber daya jaringan dan tidak dirancang untuk jenis kiprah klien.

Manfaat utama dari jenis jaringan ini yakni sangat scalable. Itu berarti sangat gampang untuk memperluas ukuran jaringan, sangat gampang untuk menambahkan lebih banyak klien dan sangat gampang untuk menambahkan lebih banyak server. Jaringan server klien juga lebih gampang untuk didukung. Itu sebab layanan terpusat, Backup juga jauh lebih mudah. Kita sanggup mengonfigurasikan pengguna yang menyimpan datanya di server. Dengan begitu, daripada harus menciptakan cadangan masing-masing workstation, kita hanya perlu menciptakan cadangan satu lokasi - server.

Ada beberapa kekurangan. Sistem operasi untuk server cukup mahal (kecuali Linux). Hal lain yakni bahwa jenis jaringan ini membutuhkan banyak perencanaan. Kita harus memutuskan server mana yang akan menghosting layanan, di mana mereka akan ditempatkan di jaringan, dan sebagainya.

Penutup:

Demikianlah pembahasan pengenai pengertian jaringan peer to peer dan client server beserta kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Semoga artikel yang agan baca ini sanggup bermanfaat, sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

0 Response to "Flash Hp : Pengertian Jaringan Peer To Peer Dan Client Server Serta Kelebihan Dan Kelemahanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel