Flash Hp : Pengertian Motherboard Beserta Fungsi Dan Bagian-Bagiannya

Pengertian motherboard beserta fungsi dan bagian-bagiannya - Motherboard ialah selembar plastik yang menampung semua sirkuit untuk menghubungkan aneka macam komponen sistem komputer. Pada kesempatan ini kita akan mempelajari pengertian motherboard, serta bagaimana fungsi motherboard menciptakan semua komponen lainnya bekerja sama.

Pengertian motherboard beserta fungsi dan bab Flash Hp : Pengertian Motherboard Beserta Fungsi Dan Bagian-Bagiannya


Pengertian motherboard


Kalau kita perhatikan arti setiap kata yakni mother = ibu (induk), board = papan, jadi sanggup kita seimpulkan bawah Motherboard ialah salah satu bab terpenting dari sebuah sistem komputer. Motherboard menyatukan banyak komponen penting komputer, termasuk unit pemrosesan (CPU), memori dan konektor utama untuk perangkat input dan output. Dasar motherboard terdiri dari lembaran materi non-konduktif yang sangat tegas, biasanya semacam plastik kaku. Lapisan tipis tembaga atau aluminium foil, yang disebut sebagai bekas , dicetak ke lembaran ini. Jejak ini sangat sempit dan membentuk sirkuit antara aneka macam komponen. Selain sirkuit, motherboard berisi sejumlah soket dan slot untuk menghubungkan komponen lainnya.

Bagian dari Motherboard


Jika Agan membuka komputer Agan dan mengeluarkan motherboard, Agan mungkin akan sangat galau dengan semua bab yang berbeda. Bergantung pada model komputer yang agan pakai, mungkin terlihat abnormal bagi agan yang gres mengenal motherboard.

Untuk memahami bagaimana komputer bekerja, Agan tidak perlu mengetahui setiap bab dari motherboard. Namun, ada baiknya mengetahui beberapa bab yang lebih penting dan bagaimana motherboard menghubungkan aneka macam komponen sistem komputer secara bersamaan. Berikut ialah beberapa bab yang penting dari motherboard:

  • Soket CPU - CPU sesungguhnya pribadi disolder ke soket. Karena CPU dengan kecepatan tinggi menghasilkan banyak panas, ada heat sink dan titik pemasangan untuk kipas sempurna di samping soket CPU.
  • Konektor daya untuk mendistribusikan daya ke CPU dan komponen lainnya.
  • Slot untuk memori utama sistem, biasanya dalam bentuk chip DRAM.
  • Sebuah chip membentuk sebuah antarmuka antara CPU, memori utama dan komponen lainnya. Pada banyak jenis motherboard, ini disebut sebagai Northbridge. Chip ini juga berisi heat sink yang besar.
  • Chip kedua mengontrol fungsi input dan output (I / O). Ini tidak terhubung pribadi ke CPU tapi ke Northbridge. Kontroler I / O ini disebut sebagai Southbridge. Gabungan Northbridge dan Southbridge disebut sebagai chipset .
  • Beberapa konektor, yang menyediakan antarmuka fisik antara perangkat input dan output dan motherboard. Southbridge menangani koneksi ini.
  • Slot untuk satu atau lebih hard drive untuk menyimpan file. Jenis koneksi yang paling umum ialah Integrated Drive Electronics (IDE) dan Serial Advanced Technology Attachment (SATA).
  • Chip memori hanya (ROM), yang berisi firmware, atau petunjuk startup untuk sistem komputer. Ini juga disebut BIOS.
  • Slot untuk video atau kartu grafis. Ada sejumlah jenis slot yang berbeda, termasuk Accelerated Graphics Port (AGP) dan Peripheral Component Interconnect Express (PCIe).
  • Slot suplemen untuk menghubungkan perangkat keras dalam bentuk slot Peripheral Component Interconnect (PCI). 


Baca juga: Cara melindungi komputer dari virus

Tentu ada banyak singkatan yang sanggup digunakan! Jangan terlalu khawatir untuk mencoba mengingat semua bab dan akronimnya. Kuncinya ialah mengingat bahwa motherboard berisi unit pengolah pusat, memori, dan semua konektor ke bab perangkat keras sistem komputer lainnya.

0 Response to "Flash Hp : Pengertian Motherboard Beserta Fungsi Dan Bagian-Bagiannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel