Trik Dan Langkah Cara Mengatasi Hp Yang Mati Total

Trik Dan Langkah Cara Mengatasi HP Yang Mati Total
Trik Dan Langkah Cara Mengatasi HP Yang Mati Total. Tentu bukan diam-diam umum, jikalau android smartphone kalian dalam keadaan mati untuk memperbaikinya  membutuhkan biaya yang tidak sedikit , belum lagi jikalau  tempat service ponsel tersebut membodohi kita dengan biaya yang lebih mahal. Hal tersebut  dulu juga  pernah penulis alami pada ketika belum mengerti wacana dunia service ponsel. Untuk mengatasi hal tersebut diatas di bawah ini ada beberapa cara yang sanggup kalian gunakan sebelum kalian membawanya ke daerah service ponsel selengkapnya silahkan baca di bawah ini.

Trik Dan Langkah Cara Mengatasi HP Yang Mati Total  Trik Dan Langkah Cara Mengatasi HP Yang Mati Total

Problem yang biasa ditemukan pada ponsel sanggup dikategorikan menjadi tiga kerusakan menyerupai :
1.Problem Software
2.Problem Hardware
3.Problem SW dan HW nya

Problem handphone dan solusinya
Langkah-langkahnya:
1. Ponsel mati total
Ponsel mati total ada 3 macam, yaitu mati total karena
1. mati sendiri,
2. mati total lantaran jatuh, dan
3. mati total lantaran kena air.
4.Mati total lantaran mati sendiri.
Langkah awal yang harus dilakukan  sebagai berikut :
1.Lepas battery kemudian pasang lagi atau coba pakai battery lain dan coba hidupkan

2.Periksa konektor battery dan coba tekan untuk melihat tingkat elastis atau tidak,
bila rusak ganti yang baru.

3.Pasang charging pada ponsel, bila indikator masuk dan ponsel di hidupkan tetap tidak mau, maka terang ponsel anda tidak sanggup hidup lantaran gangguan dari IC PA (Power Amplifier). Setelah IC PA dicabut ponsel anda sanggup di hidupkan lagi. Dan supaya ada signal maka harus dipasang IC PA yang baru.

4.Bila di pasang charging indikator tidak ada dan ponsel di on tetap tidak mau hidup maka perlu dilakukan investigasi lebih lanjut menggunakan power suply. Tetapi ada kemungkinan juga terdapat timah yang buruk pada PCB, solusinya cabut IC PA, kemudian bersihkan timah pada PCB dimana IC PA menempel, pasang kembali IC PA yang lama, HP nyalakan, niscaya nyala.

Pemeriksaan dengan power supply :
Diperlukan power supply dengan skala ampere sebesar 1 ampere (A) atau 1000 mA. Dengan tujuan biar investigasi sanggup lebih gampang dan jelas.

Langkahnya sebagai berikut :
1.Pasang kabel dari power supply ke konektor battery ponsel sebanyak minimal 3 kabel, dengan urutan negatif, BSI dan positip. (warna hitam, hijau dan merah)

2.Arahkan volt pada power supply 3,6 V (atau sesuai Hp-nya dengan toleransi 0,5 V)

3.Ponsel dalam keadaan off, kemudian tekan tombol on

4.Bila arus (amper) pada penunjuk amper digital dipower supply ketika ditekan tombol on, membisu saja berarti ada problem pada hardware nya (HW), maka perlu dilakukan pengecekan dari komponen on/off hingga pada battery.

5.Bila amper ketika ditekan tombol on, naik sekitar ? 50 mA, maka problem yang terjadi ialah masalah software (SW), maka yang perlu dilakukan ialah HP diprogram ulang (flash) atau kegiatan diupgrade ke versi yang lebih tinggi.

Mati total lantaran jatuh.
Cara Penanganannya :
1.HP dihentikan dites dengan menggunakan power supply, tetapi terlebih dahulu HP harus dibongkar, dipanasi, dan direposisi kembali letak/posisi komponen yang berubah sebagai jawaban dari HP yang jatuh tadi.

2.Setelah itu HP gres boleh dites menggunakan power supply untuk mengetahui kerusakan pada Hardware (HW) / Software (SW).

3.Kemungkinan besar komponen yang rusak sebagai jawaban dari HP yang jatuh tadi ialah IC PA / IC Power.

Mati total lantaran kena air.
Penanganannya :
1.Untuk HP yang kena air juga pertama kali dihentikan dites dengan menggunakan power supply, lantaran beresiko terjadi korelasi pendek antar komponen didalam air, tetapi HP terlebih dahulu harus divakum,dipanasi,atau diblower dengan terlebih dahulu diberi cairan pembersih IPA, juga sanggup menggunakan butir silika untuk menyerap air yang ada pada HP.

2.Setelah HP dipastikan telah kering sungguh, maka kita boleh menggunakan power supply untuk mengetahui terjadi kerusakan pada Hardware (HW) atau Software (SW).

3.Pada HP yang terkena air, biasanya terjadi kerusakan pada aksesoris HPnya.

Ponsel mati total lantaran IC UI.
Pada kasus HP menyerupai ini maka diharapkan alat test yaitu power supply.
Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :
1.Hubungkan power supply pada ponsel, beri tegangan (volt) sebesar 3,6 V (atau sesuai Hp-nya dengan toleransi 0,5 V)

2.Pada ketika ponsel dalam keadaan off, lihat jarum ampere pada power supply akan naik sebesar 100mA.

Ponsel akan pribadi hidup, LED menyala, VIBRA bergetar.
Penanganannya :
1.Lepaskan IC UI, kemudian hidupkan ponsel.

2..Maka ada tampilan pada LCD ponsel ?Insert SIM Card?.

3.Pasang IC UI yang baru.

4.Hidupkan ponsel, maka ponsel akan bekerja dengan baik.

Ponsel mati total lantaran IC CPU.
Untuk mengetahui apakah ponsel mati total lantaran IC CPU ialah sebagai berikut :

1.Beri tegangan (volt) pada ponsel dengan menggunakan power supply sebesar 3,6 V (atau sesuai Hp-nya dengan toleransi 0,5 V).

2.Pada ketika ponsel belum dinyalakan, jarum ampere diam, tetapi apabila ponsel sudah dinyalakan maka jarum ampere akan naik 100mA.

Cara Penanganannya :
1.Apabila IC CPU masih dalam kondisi yang baik, maka kita hanya perlu memanasi IC CPU dengan menggunakan blower saja, tetapi apabila IC CPU rusak, maka kita perlu mengganti dengan IC CPU yang baru. Sebelum kita mengganti IC CPU kita terlebih dahulu harus memiliki lem anti panas dan cairan penghancur lem anti panas, lantaran IC CPU dilindungi oleh lem anti panas, sehabis kita menghancurkan lem anti panas, gres kita sanggup memanasi (blower) IC CPU untuk diganti yang baru.

2.Demikian pula sehabis kita mengganti IC CPU dengan yang gres maka kita perlu memperlihatkan lagi lem anti panas untuk melindungi IC CPU yang gres kita ganti tersebut.

Ponsel mati total pada ketika kita melaksanakan panggilan.
Untuk melaksanakan pengetesan kita gunakan power supply dengan cara :

1.Hubungkan ponsel dengan power supply, beri tegangan (volt) sebesar 3,6 V (atau sesuai Hp-nya dengan toleransi 0,5 V) pada ponsel.

2.Jarum ampere tidak akan bergerak pada ketika ponsel masih dalam keadaan mati.

3.Kita nyalakan ponsel kemudian digunakan untuk melaksanakan panggilan, maka jarum ampere akan memperlihatkan angka diatas 400mA.

Cara Penanganannya :
1.Ganti IC PA dengan yang baru, sehabis itu lakukan pengetesan ulang menyerupai yang diatas, apabila dari hasil tes jarum ampere memperlihatkan angka dibawah 400mA, maka ponsel sudah dalam keadaan baik.

Langkah Awal Mengatasi Hp Mati Total dengan Menggunakan Cara lain:
1. Cek dengan ohmmeter pada conector bateray untuk mengetahui HP konslet atau tidak.(dengan  multimeter pada posisi ohm 1x, letakkan jarum kasatmata pada ground/ board HP dan jarum negatif pada konektor v-bat, jikalau jarum penunjuk bergerak maka HP konslet lantaran normalnya tdk bergerak atau sangat kecil dg 10x)

2. Jika HP tidak konslet pasanglah bateray yang isi dan coba di charging lihat responnya, kemudian cek dengan disambungkan dg kegiatan software di komputer.ke langkah3.

3. Jika di cas normal kemungkinan besar hanya pada duduk kasus switch on/off yang rusak (penyelesaian : cek jalur on/off jikalau normal ganti swicth on/off maka HP akan menyala kembali).

4. Jika dicas normal, switch on/off dan jalurnya normal maka HP terjadi kerusakan pada software, lakukan flashing maka masalah akan selesai.

5. Jika HP tdk konslet namun dicas tidak respon sama sekali maka lakukan pengecekan dengan software, jikalau HP hidup maka HP mengalami 2 kerusakan yaitu duduk kasus di switch on/off dan duduk kasus charging.

6. Jika dicek HP konslet maka 100% hardware mengalami kerusakan ? cari penyebab konsletnya (biasa terjadi pada ic cas, ic PA, ic power atau kapasitor disekitarnya) dan ganti dg yang normal sehabis final dan HP tdk konslet, lakukan langkah sebelumnya.

7. Jika HP tetap tidak mau menyala lakukan pengecekan pada semua jalur v- batt . Jika ada yang putus lakukan penyambungan (jumper).

8. Jika tetap tidak sanggup  hidup kerusakan ic power, cpu, ic flash  atau mungkin juga crystal ic, rf  dan sebagainya.

Semua cara diatas selalu penulis gunakan untuk mendiagnosa kerusakan pada HP, lantaran hingga ketika ini saya juga masih berprofesi sebagai tekhnisi ponsel, semoga apa yang saya berikan ini berkhasiat dan bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih

0 Response to "Trik Dan Langkah Cara Mengatasi Hp Yang Mati Total"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel