Membuat Game Android Part I

Pernahkah anda bermimpi untuk menciptakan game android dan mengajak teman anda untuk memainkan game karya anda? Kini hal itu bukanlah mimpi lagi, kita sanggup menciptakan game di perangkat android dengan mudah. Pada artikel ini mari kita mengembangkan bersama menciptakan game android.
Game Maker Studio
Game maker studio yaitu software yang paling gampang dipakai diantara software lain yang sanggup anda gunakan untuk menciptakan game pada perangkat android (menurut saya), beberapa kelebihannya antara lain:
1.Game maker studio memakai metoda drag n drop.

2.Bagi anda yang sanggup memakai bahasa GML (game maker language) anda sanggup melaksanakan edit lebih leluasa. 

3.Tidak menyerupai software lain, hasil dari game maker studio sanggup anda mainkan tanpa limitasi waktu. 

4.Game maker tersedia dua versi yaitu lite dan pro, pada versi lite akan menyertakan logo ketika loading, namun jikalau anda sedikit kreatif anda sanggup mengubah bahkan menghilangkannya dan mengakibatkan menyerupai pro version.

Selain game maker studio, masih banyak sekali pilihan yang sanggup anda gunakan diantaranya:
1.TGC Game Creator

Namun pada artikel ini aku hanya mengembangkan kepada anda dengan memakai game maker studio saja.

Install Game Maker Studio
1.Download game maker studio (klik gambar di bawah ini untuk download).
2.Ekstrak file tersebut, kemudian install.

3.Setelah install tahap pertama selesai, klik "finish" dan posisi jalankan game maker tetap di centang, maka akan install update secara otomatis.

4.Akan muncul dua pilihan, pilih pada opsi stable, dikarenakan terkadang yang versi beta masih sering terjadi crash.

5.Anda tutup aplikasi game maker tersebut.

6.Kemudian patch file, caranya:
-tekan tombol windows atau tekan tombol start 
-kemudian tekan R atau jalankan run command
-ketik %appdata%\GameMaker-Studio 
-setelah itu copy file patch.exe pada folder gamemaker-studio tersebut, kemudian anda klik tombol "Patch".

7.Setelah selesai patching, anda restart PC / laptop anda.

8.Finish dan anda sanggup memakai game maker tersebut.
Catatan:
-Pastikan anda telah mempunyai android SDK dan beberapa software pendukung lainnya yang sanggup anda lihat pada web official. 
-Untuk cara install lengkapnya anda sanggup eksklusif menuju ke official web di sini
-Jika anda mengalami error "Just In Time Debugger" (saya mengalami ketika aku melaksanakan uji coba untuk artikel ini) , solusinya yaitu masuk control panel >> internet option >> advanced >> pada kolom "browsing" ada dua pilihan yaitu "disable script debugging (internet explorer)" dan "disable script debungging (other)" pastikan kedua opsi tersebut dalam posisi di centang.
Memasukan sprites ke dalam game
Sprites yaitu gambar yang mewakili objek dalam suatu game, maksudnya bahwa sprite merupakan suatu alat untuk visualisasikan objek yang sudah kita buat semoga terlihat oleh pemain game. 

Contoh dari sprites contohnya : gambar karakter, gambar dinding atau gambar item.
Cara menciptakan sebuah sprite dalam game maker studio yaitu:
Pilih hidangan Sprites >> create sprites (ubah dulu game maker menjadi advanced mode untuk mendapat hasil yang maksimal; caranya : 
"File >> Advanced mode"), sesudah itu maka akan muncul tampilan berikut:
Pada kotak "name", anda sanggup menawarkan nama untuk sprite tersebut. Perlu di ketahui bahwa setiap sprites harus di beri nama berbeda dari sprites lain yang tujuannya untuk memudahkan kita mengelola sprites tersebut.

Untuk Memasukan gambar ke hidangan sprites klik "load sprite", sesudah itu pilih gambar mana yang akan anda masukan kemudian pilih "open", jikalau anda memasukan animated gif maka sprite itu akan berubah penjadi potongan animasi.

Klik hidangan "Transparant" untuk menciptakan background gambar sprite anda menjadi transparan.

Lalu terakhir hidangan "edit sprites", berfungsi untuk melihat preview sprite anda, hidangan ini juga sanggup berfungsi untuk memanipulasi gambar dari mulai merotasi gambar, menambahkan alpha, dan mengelola gambar strips menyerupai yang di atas.

Catatan:
Untuk mendapat file transparant biasa memakai .gif atau .png , anda sanggup memakai animasi gif yang anda bongkar sehingga setiap gerakan animasi sanggup anda jadikan sprites.
Membuat Objek dalam Game Maker
Objek yaitu komponen dalam game maker yang berfungsi untuk menuliskan perintah-perintah yang harus di jalankan oleh suatu sprites atau resources lain. Objek mempunyai peranan penting sebab mengatur segala interaksi yang terjadi dalam game, contohnya abjad bergerak, menembak, atau menghindar.

Untuk menciptakan objek dalam game maker caranya yaitu: Klik kanan Object >> Create Object, maka akan muncul tampilan berikut ini:
Menu objek cukup kompleks, sebab di kepingan kiri terdapat informasi mengenai sprites yang akan di pakai, di kepingan tengah terdapat "menu event" dan di kepingan kanan terdapat "menu Action".

Lalu masukan sprites yang anda inginkan ke dalam objek. Menu visible berfungsi untuk memilih apakah sprites yang kita masukan harus terlihat dalam permainan atau tidak. Sebagian besar Sprites dibentuk visible tapi adakalanya Sprites di buat tidak terlihat, contohnya untuk menciptakan jalur gerak musuh atau menciptakan pintu menuju ruang diam-diam dalam game.

Sedangkan hidangan Solid berfungsi untuk memilih apakah objek tersebut harus di buat padat dan keras atau tidak, (biasanya hidangan ini solid di gunakan untuk menciptakan background).

Membuat Event dalam Game Maker
Untuk menciptakan Event caranya yaitu masuk ke hidangan objek, kemudian klik add event. Di bawah ini merupakan klarifikasi fungsi-fungsi tombol yang ada pada hidangan event:
Create Event
Menu ini berfungsi untuk menciptakan suatu event (kejadian) ketika suatu objek tersebut dibuat. Menu ini biasanya digunkan untuk menciptakan variable objek dalam game.
Destroy Event
Menu ini berfungsi untuk menciptakan suatu insiden ketika suatu objek dihancurkan dalam game, hidangan ini jarang di pergunkan sebab hidangan ini sanggup di wakili oleh Action "Destroy Instance".
Alarm Event
Menu ini berfungsi untuk menciptakan suatu insiden yang kita telah set waktunya.
Step Event
Menu ini berfungsi untuk menciptakan suatu insiden yan terjadi di dikala suatu objek melaksanakan gerakan contohnya bergerak, melompat, atau menembak. Jika anda mengetahui gml atau bahasa pemrograman game maker, maka hidangan ini sangat efektif untuk menciptakan perintah perintah hidangan "action" menjadi lebih singkat dan terorganisir.
Collision Event
Dalam game maker, hidangan ini berfungsi untuk menciptakan suatu insiden yang terjadi persis ketika suatu objek bertumbukan atau menyentuh objek lain. Menu ini sangat efektif untuk menciptakan insiden menyerupai apakah yang terjadi bila peluru menyentuh karakter, atau bila abjad menyentuh power-up atau item.
Keyboard Event
Sesuai dengan namanya, hidangan ini berfungsi untuk menciptakan insiden yang terjadi ketika suatu tombol di keyboard di tekan, contohnya bila keyboard di tekan maka akan membuka jendela inventory atau arah panah untuk menggerakan pemain.
Mouse Event
Event ini berfungsi untuk menciptakan suatu insiden yang terjadi pada dikala ada interaksi dengan mouse ( klik kiri, klik kanan, dan lain-lain). Tidak hanya itu saja, event ini pun memungkinkan anda untuk sanggup menciptakan objek sanggup berinteraksi dengan tombol-tombol di joystick (jika memakai joystick).
Outside event
Event ini berfungsi untuk menciptakan suatu insiden yang terjadi pada dikala suatu objek meninggalkan ruangan (room), teladan penggunaan event ini contohnya untuk menciptakan insiden ketika abjad jatuh dari tebing, etc.
Boundary event
Sama menyerupai Outside Event, hanya saja bila outside event akan terjadi jikalau seluruh kepingan objek meninggalkan ruangan, sedangkan bila boundary event akan terjadi walaupun hanya sedikit kepingan dari objek yang keluar dari ruangan.
Views event
Berfungsi untuk menampilkan ruangan dalam sudut pandang berbeda, event ini biasanya di gunakan untuk game 3D.
Game Start Event
Berfungsi untuk menciptakan suatu insiden yang terjadi pada dikala permulaan game, event ini biasanya di gunakan untuk memanggil load data Secara otomatis atau memainkan musik pada dikala intro game.
Game End Event 
Fungsinya merupakan kebalikan dari game start event, event ini biasanya di gunakan untuk menciptakan auto saving dalam suatu game.
Room Start event
Berfungsi untuk menciptakan suatu insiden dalam game yang terjadi pada dikala stage di mulai, biasanya event ini dipakai untuk menginisialisasi objek-objek yang ada pada game.
Room End Event 
Berfungsi untuk menciptakan suatu insiden dalam game yang terjadi pada dikala stage usai atau pemain kembali lagi ke layer title.
No More Lives
Event ini berfungsi untuk menciptakan suatu insiden di dalam game maker yang terjadi pada dikala semua nyawa abjad telah habis terpakai, event ini biasanya di gunakan untuk menampilkan layar game over, etc.
No More Health
Event ini di mana kafetaria kesehatan suatu abjad telah habis, maka apa yang hendak terjadi.
End of Animation
Event ini berfungsi untuk menciptakan suatu insiden dalam game yang terjadi pada dikala animasi suatu objek berakhir, event ini hanya efektif dipakai bila sprite yang dipakai mempunyai lebih dari satu sub image.
End of path
Event ini berfungsi untuk menciptakan suatu insiden yang terjadi ketika suatu objek mencapai batas dari suatu path yang sudah di tentukan.
Close Button
Event ini hanya akan berfungsi jikalau kita disable fungsi threat close button as key yang ada pada global game setting >> other.
User Definied
Event yang ditentukan oleh pembuat sebagai suatu rincian tertentu.
Drawing event
Event ini berfungsi untuk menggambar suatu objek , contohnya Health suatu karakter, menggambar poligon ( dalam game 3D ) , dan segala sesuatu yang berafiliasi dengan gambar dan settingnya.
Key pressed dan Key Released Events
Kedua event ini fungsinya hampir sama dengan Keyboard Event, di bawah ini merupakan perbedaan diantara ketiga event tersebut. 
Keyboard Event : Fungsi ini akan terjadi bila pemain menekan dan menahan tombol, event ini biasanya dipakai untuk menggerakan pemain. 
Key Pressed Event: Fungsi ini akan terjadi hanya satu kali yaitu sempurna pada dikala tombol ditekan sehingga mempunyai jeda waktu, event ini berfungsi untuk menciptakan abjad sanggup menembakan projektil atau peluru kepada musuh. 
Key Released Event: Fungsinya merupakan kebalikan dari key pressed event, sehingga event ini akan terjadi bila pemain berhenti melepaskan tombol. 
Sumber: aneka macam forum, blog dan website yang berkaitan dengan game maker studio serta hasil uji coba.

Special Thanks : Bpk.Abdul Azis dan blognya yang telah membantu aku mencar ilmu memakai game maker studio.

BERSAMBUNG PADA ARTIKEL Membuat Game Android Part II

0 Response to "Membuat Game Android Part I"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel