Cara Mendaftarkan Bisnis Kamu di Google Maps dan Google My Business

Daftar Bisnis di Google Maps
Sobat Ardnesia pastinya pernah dong mencoba untuk bisnis. Buat kalian yang belum tahu, kita bisa loh daftarin alamat bisnis kita di Google Maps. Ga susah kok, yuk kita bahas selengkapnya di sini sobat Ardnesia.

Google Maps sendiri sebenarnya memiliki banyak sekali fitur yang bisa kita manfaatkan, tidak hanya sekedar cek lokasi, tempat dan GPS loh, kita juga bisa mendaftarkan tempat usaha kita loh di Google Maps, hal ini tentunya akan sangat membantu kita dalam promosi usaha kita, terutama buat kita yang memiliki tempat fisik dalam menjalankan usaha, atau minimal memiliki tempat untuk COD. Untuk mendaftarkan alamat usaha kita di Google Maps tidaklah sulit kok, yuk langsung kita bahas saja untuk langkah langkahnya di bawah.

Bagaimana Cara Mendaftarkan Bisnis Kita di Google Maps ?

1. Buka Google Maps
Jika kalian belum memiliki google maps silahkan download di appstore atau play store kalian.
Google Maps Play Store
Google Maps App Store

2. Lokasikan Tempat Usaha Kalian

 Google Maps Lokasi 1
Pada saat membuka gmaps, tentukan tempat usaha kalian sesuai dengan alamat kalian lalu tekan beberapa detik tempat tersebut, maka akan muncul tanda merah seperti pada gambar Google Maps Lokasi 1 di bawah. Setelah itu kalian swipe dari pojok kiri ke kanan, atau kalian bisa menekan tombol yg ada di kiri atas maka akan muncul menu seperti pada gambar Google Maps Lokasi 2 di bawah. Setelah itu pilih menu Add a missing business.

Google Maps Lokasi 2
Yang perlu dipahami di sini adalah, pastikan posisi ketika kalian menentukan lokasi kalian benar benar tepat, jadi pastikan GPS kalian di setting ke High Accuracy dan Sinyal internet kalian benar benar stabil, agar posisi tidak meleset.

 3. Isi Data Sesuai Dengan Kategori Bisnis Kalian


Google Maps Lokasi 3
Kalian isi data yang diperlukan, sesuai dengan data bisnis atau perusahaan kalian. Pastikan nomor telepon yang didaftarkan adalah aktif dan milik orang yang benar benar mengetahui keadaan usaha kalian, karena nanti pihak Google Maps Indonesia akan menghubungi kalian melalui telpon untuk memastikan bahwa pemilik tempat usaha tersebut adalah benar kalian, sehingga akan ada pertanyaan pertanyaan seputar bisnis kalian yang nantinya setelah proses verifikasi untuk klaim bisnis, kita bisa memiliki akses untuk melakukan update maupun edit pada tempat tersebut.

4. Selesai
Done, selesai pada tahap ini kalian sudah bisa melihat bisnis kalian di google maps, jika belum mungkin server memerlukan waktu untuk mengupdate data kalian. Tetapi belum berhenti di sini, jika hanya sampai tahap ini, kalian hanya bisa melihatnya, tanpa klaim bahwa tempat usaha itu adalah milik kalian sehingga nantinya kalian tidak punya hak untuk melakukan edit dan update terhadap tempat itu. 

Bagaimana untuk proses verifikasinya untuk klaim bahwa kita pemilik tempat tersebut?

Setelah selesai proses pendaftaran di atas biasanya kalian akan dikirimi surat yang berisi kode verifikasi dan akan mendapatkan telpon dari pihak Google Maps Indonesia. Proses ini membutuhkan applikasi Google My Business yang nantinya akan digunakan untuk mengedit ataupun update keterangan mengenai bisnis kita.

1. Surat Kode Verifikasi
Surat Verifikasi Google My Business
Untuk surat sendiri prosesnya tidak menentu, awal saya mendaftarkan diri berbulan bulan tidak kunjung datang, hingga sampai suatu hari saya berkeinginan untuk daftar ulang, dan tidak sampai 2 hari surat sudah datang ke rumah. Mungkin pada saat awal mendaftar Google Indonesia belum memiliki fokus dibidang Google My Business untuk negara Indonesia di saat itu. Nantinya surat itu berisi kode verifikasi yang menyatakan selamat bahwa, alamat bisnis kita sudah terdaftar, dan kode itu bisa kalian masukan ke dalam applikasi Google My Business dan Tada ! Kalian sudah mendapatkan hak akses penuh untuk edit dan update tempat usaha kalian.

Tampilan Google My Business

Untuk kalian yang belum memiliki applikasi Google My Business kalian bisa menginstalnya di
Play Store
App Store

2. Telepon dari Pihak Google Indonesia
Setelah melakukan verifikasi pertama, selanjutnya kalian tinggal menunggu telepon konfirmasi dari pihak Google Maps Indonesia. Biasanya nomornya berawalan 021 jadi persiapakan diri kalian untuk mengangkat nomor tersebut ya. Sebenarnya dari langkah surat itu kita sudah bisa claim bisnis kita dan melakukan edit, tetapi mungkin untuk verifikasi tahap 2 untuk memastikan bahwa itu adalah kita Google melakukan verifikasi via telpon ini. Di telpon sendiri nanti kita akan ditanyakan beberapa hal seputar bisnis, yang nantinya akan dinyatakan bahwa bisnis kita sebenarnya layak atau tidak untuk didaftarkan kepada Google Maps. Setelah proses ini selesai maka kita benar benar memiliki akses penuh atas bisnis kita. Jangan lupa mengupdate foto terkini untuk memancing pengunjung melihat tempat kalian ya.

Sekian artikel dari saya mudah mudahan bermanfaat untuk kita semua, untuk kalian yang membutuhkan bantuan untuk konsultasi, mau request, atau punya pertanyaan  kalian bisa add official account line ardnesia ya di @ardnesia ada @nya ketika kalian search ya. Untuk kalian yang lebih suka tutorial dalam bentuk video kalian bisa subscribe channel ardnesia di youtube.

Sekian dan Terima Kasih,
@anggaardana
^^

Source :
Google Support - support.google.com

0 Response to "Cara Mendaftarkan Bisnis Kamu di Google Maps dan Google My Business"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel