Cara Nonaktifkan (Disable) Lampu Tombol Navigasi Xiaomi



Yukampus.com - Cara menonaktifkan lampu tombol menu, home, dan back pada ponsel Xiaomi. Pada artikel sebelumnya telah kita bahas Cara Ganti Warna LED Notifikasi Xiaomi. Artikel ini berkaitan dengan artikel tersebut karena beberapa pengguna smartphone merasa kurang enak dengan warna lampu yang terdapat pada tombol navigasi (tiga tombol yang terdapat pada bagian bawah layar Xiaomi).


Apa itu Tombol Navigasi Smartphone?


Tombol navigasi adalah tombol yang biasanya terdapat pada bagian bawah layar utama, fungsinya untuk kembali ke menu home, kembali ke menu utama dan menampilkan aplikasi yang sedang dibuka di latar belakang.


Di ponsel Xiaomi, tombol navigasi jumlahnya ada tiga yang biasa kita kenal dengan sebutan menu, home, dan back. Ketika kita baru pertama kali membeli ponsel Xiaomi atau baru Install Ulang ROM, lampu pada tombol navigasi akan menyala.


Apa Lampu Tombol Navigasi yang Menyala Berdampak Buruk?


Beberapa orang merasa nyaman karena lampu pada menu navigasi bisa membantu mereka ketika berada di tempat yang kurang cahaya atau gelap. Beberapa orang lain merasa kurang enak karena mengganggu dan lampu pada tombol navigasi dirasa terlalu silau karena tidak bisa diatur kecerahannya.


Saya adalah orang yang tidak suka jika lampu pada tombol navigasi ponsel Xiaomi Redmi Note 4 saya menyala, terutama ketika berada di tempat gelap. Saya justru merasa nyaman ketika lampu pada tiga tombol tersebut dimatikan, bahkan di tempat gelap sekalipun karena saya bisa mengetik dengan nyaman tanpa terganggu fokus ke tiga tombol navigasi yang terus menyala.


Setelah saya cari tutorial kesana kemari, akhirnya saya menemukan cara untuk mematikan lampu tersebut dan kemudian menuliskannya pada artikel kali ini. Tujuannya adalah agar saya tidak perlu repot-repot mencari tutorial di situs lain dan berbagi kepada para pembaca setia Yukampus.


Bagaimana Cara Nonaktifkan Lampu Pada Tombol Navigasi Xiaomi?


  1. Masuk menu Settings > General
  2. Pilih menu Notifications light
  3. Pada menu paling atas, terdapat menu Button lights, geser ke kiri untuk menonaktifkan
  4. Jika ingin mengaktifkan lampu pada menu navigasi, geser ke kanan.
  5. Di bawahnya, ada menu Keep button lights on. Menu tersebut untuk mengatur berapa lama tombol navigasi menyala ketika tidak disentuh.


Begitulah Cara Menonaktifkan Lampu Tombol Navigasi Yang Menyala. Artikel ini ditulis berdasar pengalaman pribadi yang telah diuji pada smarpthone Xiaomi Redmi Note 4 dengan ROM MIUI Global Developer 8.4.12.


Untuk versi ROM dibawahnya, caranya masih sama karena fitur ini sudah ada sejak MIUI yang lama (lupa sejak MIUI berapa, he he). Jika ada pertanyaan atau request tutorial apapun berkaitan dengan Xiaomi, silahkan tulis pada kolom komentar yang telah disediakan dibawah ini.

Tag : Tutorial, Xiaomi

0 Response to "Cara Nonaktifkan (Disable) Lampu Tombol Navigasi Xiaomi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel