Cara Otomatis Nonaktifkan Tombol Navigasi Xiaomi Pada Aplikasi Tertentu


Yukampus.com - Cara menonaktifkan tombol navigasi Xiaomi pada aplikasi yang dipilih. Sebelumnya kita telah membahas artikel tentang Cara Nonaktifkan Lampu Tombol Navigasi Xiaomi, kali ini kita akan membahas artikel yang berkaitan dengan artikel tersebut, yaitu bagaimana cara untuk Disable Tombol Navigasi Secara Otomatis.


Apa Itu Tombol Navigasi?


Tombol navigasi adalah tombol yang terdapat pada smartphone yang letaknya ada dibawah layar utama. Biasanya, tombol navigasi jumlahnya ada tiga, yaitu tombol yang berfungsi untuk kembali ke menu utama, menampilkan aplikasi apa saja yang sedang berjalan, dan kembali ke menu sebelumya. Pada Xiaomi, tombol navigasi jumlahnya ada tiga dan dikenal sebagai tombol Menu, Home, dan Back.


Tombol navigasi tentu sangat berguna karena jika tidak ada tombol tersebut, kita tidak bisa menutup seluruh aplikasi yang sedang berjalan, kembali ke menu home, ataupun kembali ke menu sebelumnya. Namun pada beberapa kasus, tombol navigasi bisa saja menjadi pengganggu aktifitas kita.


Contohnya ketika kita sedang menonton video di smartphone, kadang secara tidak sengaja kita menekan tombol navigasi dan kembali ke menu utama. Jika smartphone kita memiliki spesifikasi yang rendah, kadang aplikasi pemutar video yang sedang kita jalankan tersebut tertutup total dan kita harus memulai menonton video dari awal.


Atau ketika smartphone kita sedang dimainkan anak-anak, ketika mereka sedang menonton video di Youtube, kadang secara tidak sengaja mereka memencet tombol navigasi dan video yang sedang diputar berhenti begitu saja, kemudian mereka menangis dan meminta kita untuk memutar video kartun yang sedang mereka tonton, itu merepotkan!


Cara yang paling ampuh dan bisa kita gunakan untuk menghindari hal-hal tersebut adalah dengan menonaktifkan tombol navigasi agar kita ataupun anak-anak bisa menonton video dengan tidak perlu khawatir menekan tombol navigasi secara tidak sengaja.


Baca : Cara Menonaktifkan Tombol Navigasi Xiaomi Redmi.


Pada artikel tersebut kita membahas bagaimana cara untuk menonaktifkan tombol navigasi secara total (menonaktifkan tombol navigasi pada seluruh aktifitas yang kita kerjakan di ponsel Xiaomi. Lalu bagaimana jika kita ingin menonaktifkan tombol navigasi hanya di aplikasi tertentu seperti Pemutar Video, Pemutar Musik, dsb? Ada cara yang tidak merepotkan!


Bagaimana Cara Menonaktifkan Tombol Navigasi Xiaomi Secara Otomatis Saat Buka Aplikasi Tertentu?


  1. Masuk menu Settings > General
  2. Pilih menu Button and gesture shorcuts, lalu scroll kebawah. 
  3. Pada menu paling bawah, klik menu Automatically disable navigation buttons
  4. Pilih aplikasi yang ketika dibuka, ingin dinonaktifkan tombol navigasinya. 
  5. Pilih antara Ask to disable, Always disable, atau Never disable.


Berikut penjelasan ketiga fungsi tersebut :


  1. Ask to disable, ketika aplikasi dibuka, ponsel Xiami akan bertanya apakah tombol navigasi akan dinonaktifkan atau tetap diaktifkan. Pilih Yes untuk nonaktifkan dan pilih No untuk tetap mengaktifkan tombol navigasi.
  2. Always disable, ketika aplikasi dibuka maka secara otomatis Xiaomi akan menonaktifkan tombol navigasi tanpa meminta persetujuan dari kita. Dan ketika aplikasi ditutup atau kita pindah ke menu home, maka secara otomatis tombol navigasi akan kembali aktif.
  3. Never disable, ketika aplikasi dibuka maka tombol navigasi tetap akan aktif.


Dan itulah Cara Menonaktifkan (Disable) Tombol Navigasi Secara Otomatis. Artikel ini ditulis berdasar pengalaman pribadi dengan perangkat Xiaomi Redmi Note 4. Untuk ponsel lain seperti iPhone, Vivo, Asus, Samsung, OnePlus, Google Pixel, Honor, Huawei, dll belum dicoba.


Cara ini juga bisa dilakukan pada smartphone Xiaomi lain seperti Redmi 5 Plus, Redmi 4X, Redmi Note 5, Mi Max 2, Mi Mix, Mi 6, dll. Jika ada pertanyaan, silahkan langsung ajukan pada kolom komentar yang telah tersedia dibawah ini.

Tag : Tutorial, Xiaomi

0 Response to "Cara Otomatis Nonaktifkan Tombol Navigasi Xiaomi Pada Aplikasi Tertentu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel